Hibah Salah

Hibah Salah

--

Sulitnya, FSPP bukanlah organisasi formal. Namanya saja forum. Mungkin juga tidak punya anggaran dasar. FSPP juga bukan badan hukum. Dalam peraturan perundangan yang berlaku tidak dikenal badan hukum yang disebut forum. Berarti sebuah forum tidak bisa dihukum.

Mungkinkah FSPP menagih kembali uang yang sudah diserahkan ke ratusan pondok yang tidak berizin itu? Juga tidak mungkin. Forum tidak punya kekuatan hukum menagih. Yang ditagih mungkin juga menyerah: ambil saja pondok ini sebagai pembayaran.

Ketua Forum ini, Kiai Matin Djawahir, relatif masih muda. Beliau juga sangat disegani. "Waktu menjadi mahasiswa di sini, ia sering membawa pisau ke dalam ruang kuliah," ujar seorang dosen di Universitas Islam Negeri di Serang. "Beliau juga dikenal sebagai salah satu jawara di Banten," tambahnya. 

Pesantrennya besar: Darul Falah. Di Pandeglang. Itu adalah pondok warisan dari ayahandanya, seorang ulama terkemuka di Banten.

Bagaimana kalau kerugian negara itu ditagihkan kepada ketua FSPP?

Lebih sulit lagi. Beliau meninggal dunia. Di tahun 2020. Yakni tidak lama setelah hibah dari Pemprov itu dibagikan ke pondok pesantren. Usianya baru 52 tahun. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan Edisi 24 Januari 2023: Imlek Cemburu

hilman g

Apa bedanya Ang Pao dengan Hong Bao? Mungkin karena yang masuk ke Indonesia itu orang cina pasukan Gengis khan dari Mongolia jadi namanya Ang Pao, orang cina yang pergi ke amerika itu pasukan Chiang Kai Shek dari pulau Taiwan makanya jadi Hong Bao

Mbah Mars

Semua bangsa suka laku kedermawanan. Demikian juga semua agama mengajarkan sikap-sikap filantropis. Murah hati. Loma. Angpao atau Hong Bao adalah pemberian uang yang dimasukkan ke dalam amplop merah. Si pemberi biasanya adalah si senior. Si penerima adalah si yunior. Amplop warna merah bagi kaum Tionghoa melambangkan keberuntungan dan terhindar dari keburukan roh jahat. Mirip konsep sadaqah dalam Islam: "Ash-Shadaqtu daf'ul bala"". Shadaqah bisa menolak bala'. Orang yg banyak shadaqah juga yakin akan diguyur berbagai keberuntungan hidup.

Sastra Boenjamin

Mohon izin untuk menjawab, Ang Pao itu dialek hokkian, sedangkan Hong Bao (dibaca : Hong Pao) adalah bahasa mandarin

Amat Kasela

Cemburu dan sayang. Biji benalu asal kelayang/ kelayang anak hinggap di jambu/ Cemburu itu tandanya sayang/ Tapi cemburu jangan terlalu Kalahlah inang oleh benalu/ Biji benalu asal kelayang/ Kalau cemburu sudah terlalu/ Salah sedikit nyawa melayang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: