KAI Salurkan Dana Rp25.5 Miliar Lewat Tiga Program Besar

KAI Salurkan Dana Rp25.5 Miliar Lewat Tiga Program Besar

KAI salurkan dana Rp25.5 miliar lewat tiga program TJSL tahun 2022.-Foto: PT KAI-

BACA JUGA: Layanan Digital Banking Jadi Andalan Masyarakat, BRI Dinobatkan Sebagai ”The Best Bank in Digital Service”

Bantuan pelestarian alam tersebut berupa penghijauan di Bandung, Bogor, Cirebon, Garut, Purwokerto, Madiun, Temanggung, Medan, dan Tanjungkarang.

”Di tahun 2022, KAI telah melakukan penanaman sebanyak 77 ribu pohon di berbagai daerah dalam rangka mendukung program BUMN Hijaukan Indonesia,” tambah Didiek. 

Dalam rangka membantu pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK), tahun 2022 KAI telah menyalurkan dana sebesar Rp7 miliar dan terdapat 774 mitra binaan KAI aktif di tahun 2022 pada Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil dengan total nilai penyaluran sebesar Rp21 miliar.

UMK tersebut meliputi sektor Industri, jasa, perdagangan, perikanan, pertanian, peternakan, dan lainnya. 

BACA JUGA: PT Angkasa Pura Solusi Buka Lowongan Kerja Terbaru untuk Pendidikan Minimal SMA, Cek Posisi dan Kualifikasinya

Selain memberikan pembiayaan modal usaha, KAI juga melakukan pembinaan dan pelatihan oleh pakar di bidang masing-masing.

Pelatihan tersebut meliputi proses produksi, pengemasan produk, pemasaran, dan sebagainya. 

Dalam upaya memperluas pasar para mitra binaan KAI telah meresmikan Teras UMK di Stasiun Bandung yang merupakan sebuah outlet sebagai media mitra binaan mempromosikan produknya.

”KAI terus berkontribusi untuk UMK Indonesia sehingga dapat terus maju, berkembang, dan bersaing di dunia industri nasional. KAI sangat mendukung keberlangsungan UMK melalui dana kemitraan dan mendorong agar UMK binaan KAI naik kelas,” ujar Didiek.

BACA JUGA: Truk Angkut BBM Mulai Gunakan CNG, Pertamina Dukung Pemanfaatan Energi Bersih dan Efisien

Adapun KAI melalui program Community Relations memberikan bantuan dalam rangka sosialisasi keamanan perjalanan kereta api serta anti pelecehan dan kekerasan terhadap wanita.

Sosialisasi ini dilakukan sebanyak 162 kali dengan menggandeng komunitas-komunitas pencinta kereta api di seluruh area kerja KAI.

”Sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang rutin kami lakukan agar para pengguna jalan raya mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mendahulukan perjalanan kereta api pada perlintasan sebidang. KAI juga menggandeng para komunitas untuk mensosialisasikan agar pelanggan kereta api menjaga ketertiban dengan tidak melakukan pelecehan saat dalam perjalanan,” ujar Didiek.

Di samping sosialisasi, KAI memberikan bantuan berupa sarana olahraga, ibadah, dan fasilitas belajar untuk sekolah-sekolah, rumah ibadah, dan sebagainya yang berada di dekat jalur kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kai.id