Pantau Lewat Link di Bawah Ini, Permasalahan Sampah di Kota Tasikmalaya Pemkot Berinovasi Pasang 10 CCTV

Pantau Lewat Link di Bawah Ini, Permasalahan Sampah di Kota Tasikmalaya Pemkot Berinovasi Pasang 10 CCTV

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah.- Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMPermasalahan sampah di Kota Tasikmalaya dari limbah yang dihasilkan masyarakat, menjadi pekerjaan yang seakan tak ada hentinya.

Mulai penumpukan di pinggir jalan, Tempat Pembungan Sampah Sementara (TPSS), depo, TPA Ciangir, ditambah kurangnya armada angkut. 

Hingga kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya terus berinovasi untuk menuntaskan permasalahan sampah. Salah satunya Pemkot berinovasi pasang 10 CCTV atau kamera pemantau.

CCTV itu dipasang 3 unit di TPA Ciangir, 6 unit di TPS depo (container), 2 di TPS yang dianggap liar. Tujuannya agar semua bersama-sama bisa memantau tumpukan sampah sehingga cepat diangkut ke TPA. Sekaligus langkah ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan sampah di Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Mencengangkan! Perbuatan Nekat Kakek Tiri Bunuh Siswi SMP Culamega, Sakit Hati karena Ini

Cara memantaunya cukup akses link ini: cctv.tasikmalayakota.go.id. Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, Senin 26 Desember 2022.

"Terkait sampah, kami memohon kepada seluruh elemen masyarakat dengan Pemkot memasang CCTV, itu bisa diakses semua pihak," paparnya.


Tangkapan layar ponsel CCTV yang dipasang di TPS Argasari Kota Tasikmalaya, Senin 26 Desember 2022. -screenshot-

"Jadi itu CCTV bisa diakses juga masyarakat. Maka kita bisa bersama-sama memantau kondisi TPS di wilayah kita," sambungnya.

Dia mengakui, jika terjadi penumpukan sampah berdasarkan layar CCTV, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang akan mengeksekusinya bersama pihak kecamatan maupun kelurahan.

BACA JUGA:Dinkes Garut Siapkan Gerai Vaksinasi Selama Liburan Nataru, Sasaran Wisatawan dan Masyarakat Umum

"Jadi CCTV itu untuk memudahkan kami memonitor. Tapi bukan kita saja, teman-teman pun bisa saling memonitor sambil santai atau nongkrong memantau kebersihan di wilayahnya masing-masing," terangnya.

Ke depan Pemkot bisa meningkatkan lagi jumlah pemasangan CCTV untuk memantau permasalahan sampah di Kota Tasikmalaya.

"Ya biar bisa semakin banyak memantau titik-titik TPS sampah. Sekaligus juga bisa digunakan untuk hal-hal lain juga. Tapi pada prinsipnya dengan adanya monitor CCTV tersebut, kita juga bisa memonitor tingkat kebersihan di Kota Tasikmalaya yang kita cintai ini," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: