Kemenag Kota Tasik Seleksi Madrasah Sehat, Peringati HAB ke-77 Tahun 2022

Kemenag Kota Tasik Seleksi Madrasah Sehat, Peringati HAB ke-77 Tahun 2022

Kemenag Kota Tasikmalaya melaksanakan penilaian Madrasah Sehat dalam ruangan HAB ke-77 Tahun 2022.-Foto:istimewa/dokhumaskemenag-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-77 tahun 2022 Tingkat Kota Tasikmalaya diperingati dengan begitu meriah.

Berbagai rangkaian lomba digelar mulai dari pertandingan olahraga dan seni, lomba religi dan aneka kegiatan lain yang melibatkan seluruh keluarga besar Kemenag.

Salah satu lomba yang dilaksanakan melibatkan madrasah yaitu lomba madrasah sehat. Kemenag Kota Tasik seleksi madrasah sehat. Kegiatan ini berlangsung mula tanggal 1 sampai dengan 28 Desember 2022.

Lomba diikuti oleh semua jenjang mulai dari Raudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

BACA JUGA:Resmi Dibuka Seleksi PPPK di Kemenag 49.549 Formasi, Ini Kriteria dan Tata Cara Melamar 

Sebelum mengikuti kegiatan di tingkat Kemenag Kota Tasikmalaya mereka terlebih dahulu mengkuti seleksi di tingkat kecamatan.

Hj. Titim Fatimah salah satu pengawas madrasah yang juga masuk dalam tim penilai menuturkan, kegiatan lomba madrasah sehat selain dalam rangka memeriahkan HAB juga terutama untuk menindaklanjuti Peraturan Bersama Antara Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Menteri Agama Republik Indonesia, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 6/X/Pb/2014 Nomor 73 Tahun 2014 Nomor 41 Tahun 2014 Nomor 81 Tahun 2014 Tentang Pembinaan Dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah.

Dijelaskan bahwa lomba ini salah satu upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang memperhatikan perilaku dan lingkungan hidup yang sehat.

BACA JUGA:Debut Manis Arsan Makarin Bersama Persib, Umpannya Bawa Persib Kalahkan Persita 1-0, Ini Komentar Luis Milla

Perlu dilakukan pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah/madrasah di setiap sekolah/madrasah.

Setidaknya ada tiga indkator penilaian atau lebih dkenal dengan istilah Trias Usaha Kesehatan Sekolah /Madrasah yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

Pendidikan kesehatan diantaranya adalah  meliputi meningkatkan pengetahuan, perilaku, sikap, dan keterampilan untuk hidup bersih dan sehat, penanaman dan pembiasaan hidup bersih dan sehat.

Serta daya tangkal terhadap pengaruh buruk dari luar serta pembudayaan pola hidup sehat agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: