Soal Usulan Dapil Tiga Rancangan KPU, Partai Politik Kota Tasikmalaya Terbelah Pilihan

Soal Usulan Dapil Tiga Rancangan KPU, Partai Politik Kota Tasikmalaya Terbelah Pilihan

Pertemuan KPU Kota Tasikmalaya dan Parpol di Rumah Makan Ocoh, Bungursari, Rabu 14 Desember 2022. -Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Partai politik Kota Tasikmalaya terbelah pilihan saat uji publik rancangan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi DPRD Kota Tasikmalaya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Soal usulan Dapil dari tiga rancangan KPU Kota Tasikmalaya, beberapa partai politik Kota Tasikmalaya memiliki pandangan berbeda-beda alias terbelah pilihan. Mulai dari menyepakati konsep empat dapil seperti Pemilu 2019 lalu, juga pro terhadap rancangan lima dapil (rancangan kedua).

"Mau jadi empat atau lima dapil, sebenarnya tidak masalah. Semangat 45 lah. Hanya saja kita di PDIP memilih yang lima dapil (rancangan kedua, Red)," ujar Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Tasikmalaya, Muslim usai uji publik di Rumah Makan Otjoh, Rabu 14 Desember 2022.

Alasannya, terang dia, selama pemilu di Kota Tasikmalaya sejak 2004-2014, pembangunan relatif stagnan.

BACA JUGA:Hore! Ada Pembebasan Pajak Penyerahan Kendaraan di Jabar, Catat Waktunya 

Dengan konsep lima dapil, PDIP memandang akan memberikan penyegaran bagi partai peserta pemilu. 

"Di uji publik ini masing-masing partai melakukan kajian dan menyampaikan tanggapan. Ini kan hanya usulan, keputusannya nanti dari KPU RI," terangnya.

Sementara itu konsep yang dibahas saat uji publik tersebut yakni empat dapil (rancangan satu) seperti pemilu yang sudah berjalan. Kemudian lima dapil (rancangan dua dan tiga) dengan perubahan wilayah kecamatan. 

"Kalau memungkinkan pun bisa 10 dapil alias satu dapil per kecamatan selama normanya dan prinsipnya terpenuhi. Karena tiga usulan yang dibahas sepertinya kurang pas yakni prinsip kesinambungan," tutur Zenzen Zaenudin,  Sekretaris DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

BACA JUGA:Bayar Pajak Daerah Bebas Denda Sampai Desember 2022, Tim Gabungan Door to Door Kunjungi Wajib Pajak

Dalam pertemuan tersebut, setidaknya ada dua kubu pro empat dapil dan lima dapil rancangan kedua. Sementara rancangan ketiga minim pembicaraan. 

Beberapa partai yang menginginkan empat dapil yakni, Golkar, Gerindra, PKB, Demkorat, PKS, Hanura. Sementara lima dapil rancangan kedua yakni, PDIP, Nasdem, PSI, Umat, Perindo, Partai Buruh, PBB dan PKN. 

Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Zainul mengatakan, uji publik dilakukan sebagai upaya memberikan kesempatan tanggapan soal usulan dapil. 

Rancangan pertama empat dapil; Dapil 1 Kecamatan Cihideung, Tawang, Bungursari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: