Coba! Latihan Soal CPNS 2023 Tes Wawasan Kebangsaan

Coba! Latihan Soal CPNS 2023 Tes Wawasan Kebangsaan

Seleksi CPNS 2023 sudah resmi dibuka bagi lulusan SLTA lewat jalur sekolah kedinasan.--Ist/Palpres--

BACA JUGA: Selamat! Honorer Diangkat ASN Tanpa Tes Lagi Asalkan Lulus Passing Grade

3. Ketuhanan

Dari usulan-usulan yang dikemukakan, Ir. Soekarno berhasil menyintesiskan dasar falsafah negara dari gagasan dan pendapat yang disebut Pancasila pada Tanggal 1 Juni 1945. Pada sidang pertamanya BPUPKI belum mencapai kata sepakat tentang dasar negara, oleh karena itu dibentuklah Panitia Sembilan.

Panitia Sembilan diketuai oleh Ir. Soekarno dan beranggotakan Mohammad Hatta, Mohammad Yamin, A.A. Maramis, Soebarjo, K.H. Wachid Hasjim, K.H. Kahar Moezakir, H. Agoes Salim, dan R. Abikusno Tjokrosoejoso.

Pada tanggal 22 Juni 1945 Panitia Sembilan mengadakan rapat di kediaman Ir. Soekarno Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

BACA JUGA: Wajib Diangkat Jadi PNS Tanpa Tes, Ini 6 Kategori Honorer yang Beruntung, Selamat Ya...

Panitia Sembilan bertugas untuk menuntaskan berbagai masukan tentang dasar negara. Pada tanggal 22 Juni 1945 Panitia Sembilan menetapkan hasil sidangnya yang di dalamnya mencakup rumusan hukum dasar serta rumusan dasar negara.

Rumusan dasar negara ini kemudian didadar kembali oleh panitia yang dibentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) serta dimasukkan ke Piagam Jakarta.

Selanjutnya pada tanggal 18 Agustus 1945 Pancasila secara sah menjadi dasar negara yang mengikat.

Sebelum disahkan, terdapat bagian yang di ubah ”Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” diubah menjadi ”Ketuhanan Yang Maha Esa”.

BACA JUGA: Bicycle Empire Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan Minimal SMA, Posisi Content Creator dan Admin Marketplace

Rumusan hukum dasar yang dihasilkan oleh Panitia Sembilan tersebut oleh Mr. Mohammad Yamin dinamai dengan Piagam Jakarta. Di dalam Piagam Jakarta terdapat rumusan dasar negara yang berbunyi:

1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.

3. Persatuan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: