Setelah Bank Mandiri, Giliran BTN Bersiap Naikkan Bunga KPR

Setelah Bank Mandiri, Giliran BTN Bersiap Naikkan Bunga KPR

BTN tengah bersiap menaikkan suku bung KPR, seiring kenaikan suku bunga acuan BI. foto:ilustrasi dok disway--

Kemudian pada September, bank sentral kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 bps menjadi 4,25 persen. Teranyar, pada pertengahan Oktober 2022 lalu, BI kembali menaikkan suku bunga acuan 50 bps menjadi 4,75 persen.

Selain suku bunga acuan, bank sentral turut menaikkan suku bunga deposit facility dan lending facility masing-masing sebesar 50 bps menjadi empat persen dan 5,5 persen.

BACA JUGA: 8 Langkah BPOM soal Daftar Sampo yang Ditarik Unilever dari Pasaran, Siapkan Patroli Siber untuk E-Commerce

BACA JUGA: Penyebab Utama 7 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Jalan RE Martadinata Tasikmalaya Masih Diselidiki

Keputusan tersebut disebut sebagai langkah front loaded, pre-emptive, dan forward looking untuk menurunkan ekspektasi inflasi yang saat ini terlalu tinggi atau overshooting.

Selain itu, keputusan tersebut untuk memastikan inflasi inti ke depan kembali ke dalam sasaran 2-4 persen lebih awal, yaitu ke paruh pertama 2023, serta memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah.

Dengan demikian, diharapkan agar rupiah bisa sejalan dengan nilai fundamentalnya akibat semakin kuatnya mata uang dolar AS dan tingginya ketidakpastian pasar keuangan global, di tengah peningkatan permintaan ekonomi domestik yang tetap kuat. 

Sementara itu sebelumnya Bank Mandiri telah memberikan sinyal kenaikan bunga kredit dan DPK. Itulah yang saat ini tengah dipertimbangkan oleh bank milik pemerintah tersebut.  

BACA JUGA: 2023, Lapangan Upacara Dadaha Tasikmalaya Dirombak, Fungsinya Tak Diubah dan Lebih Ditata

BACA JUGA: Pelaku Maling Motor Milik Ustadz Ditangkap Warga di Kalangsari Tasikmalaya, 4 Anggota Komplotannya Kabur

Seperti sudah dipredksi banyak pihak, keputusan Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan sebesar 0,5 basis poin akan diikuti kenaikan suku bunga kredit mulai terbukti. 

Nah, salah satu yang telah memberikan sinyal kenaikan bunga kredit itu adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 

Bahkan tak hanya menaikkan suku bunga kredit, bank BUMN itu juga berencana menaikkan suku bunga Dana Pihak Ketiga (DPK).

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri, Sigit Prastowo mengatakan pihaknya masih mengkaji kenaikan suku bunga kredit dan DPK. Demikian juga terkait besarannya belum diputuskan.

BACA JUGA: Bunda, Cek Popok Balita Ya, Cara Deteksi Dini Gagal Ginjal Akut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id