Ratusan Knalpot Bising Dimusnahkan Polres Tasikmalaya Kota

Ratusan Knalpot Bising Dimusnahkan Polres Tasikmalaya Kota

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan menggerinda knalpot bising hasil razia Satuan Lalu Lintas di halaman mapolres, Kamis 22 September 2022.-Foto: Rezza RIzaldi/Radartasik.com-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Sebanyak 213 knalpot bising dimusnahkan di halaman Mapolres Tasikmalaya Kota, Kamis 22 September 2022.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan 213 knalpot bising ini diamankan Satlantas hasil operasi penertiban selama 8 bulan.

”Ratusan knalpot bising atau tak sesuai standar yang cenderung menimbulkan kebisingan dan mengganggu kenyamanan dalam berkendaraan yang kita musnahkan,” paparnya.

”Dimusnahkan dengan cara dipotong-potong pakai mesin gerinda. Knalpot ini hasil razia Satlantas Polres Tasikmalaya Kota beserta motornya,” sambung dia.

BACA JUGA: Di Tengah Kabar Perceraian Dedi Mulyadi dan Bupati Purwakarta, Sang Putra Sulung Tulis Kalimat Menyentuh Ini

Dia menerangkan pemilik motor bisa menggunakan kembali motornya setelah knalpot standarnya dipasang kembali.

”Jadi, penegakkan hukumnya pada saat digunakan kepada mereka yang sudah menimbulkan mengganggu kenyamanan dan kebisingan,” terangnya.

Kasatlantas Polres Tasikmalaya Kota AKP Anaga Budiharso menambahkan kebisingan knalpot telah diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 7 tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

”Jadi bahwa motor dengan kapasitas 80 cc hingga 175 cc maksimal 83 desibel suara. Di atas 175 cc maksimal 80 desibel suara,” tambahnya.

BACA JUGA: 2.317 Botol Miras Dimusnahkan di Bale Kota Tasikmalaya, Ivan: Ini Pertama Kali

Pemusnahan ini dilakukan pihak kepolisian bersama tokoh agama, mahasiswa dan para pelajar.

”Knalpot bising ini kan biasanya diperuntukkan untuk di sirkuit untuk balapan. Jadi kalau dipakai di jalan raya jelas menyalahi aturan,” jelas kasatlantas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: