2 Wakil Jabar Siap Bersaing Di Lomdeskel Nasional 2022

2 Wakil Jabar Siap Bersaing Di Lomdeskel Nasional 2022

Penggerak Swadaya Masyarakat di Bidang Bina Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat Nugi Sobarna.-Istimewa-

BANDUNG, RADARTASIK.COM – Provinsi Jawa Barat menempatkan Desa Cibiru Wetan dan Kelurahan Bintara pada Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Nasional tahun 2022.

Keduanya akan turut meramaikan dan memperketat persaingan di masing-masing kategori.

Masuknya Kelurahan Bintara juga telah membuka peluang Jabar untuk mencatatkan sejarah yang pertama kalinya merebut tempat terbaik di Regional II pada Lomdeskel kali ini.

”Andai Kelurahan Bintara berhasil menjuarai Lomdeskel nasional tahun ini, maka akan menjadi catatan sejarah karena selama ini kelurahan dari Jabar belum pernah ada yang menjadi juara Lomdeskel di tingkat nasional,” tutur Nugi Sobarna di kantor DPMD Provinsi Jabar, Kamis 11 Agustus 2022.

BACA JUGA: Diterjang Bencana, Berikut Ini 19 Titik Longsor dan Banjir di Kabupaten Tasikmalaya

Nugi Sobarna merupakan Penggerak Swadaya Masyarakat di Bidang Bina Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat.

Ia juga berkeinginan Desa Cibiru Wetan dan Kelurahan Bintara keduanya bisa menjadi juara sebagai persembahan kado terindah bagi duet kepemimpinan Kang Emil dan Kang Uu yang akan berakhir pada tahun 2023.

”Untuk itu, kami dari pihak provinsi terus berupaya keras memberikan pendampingan kepada Kelurahan Bintara maupun Desa Cibiru Wetan agar mampu bersaing di Lomdeskel Nasional,” papar Nugi kembali.

Sebelumnya, Bintara dan Cibiru Wetan harus melewati proses dan tahapan seleksi yang cukup panjang, mulai dari proses seleksi administrasi hingga recheking lapangan oleh tim juri, bersaing dengan masing-masing 11 desa/kelurahan lainnya pada Lomdeskel tingkat Jabar.

BACA JUGA: Ini Upaya Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya Menekan Angka Pengangguran Setelah Masa Pandemi

”Dari 11 kelurahan tersebut mengerucut masing-masing menjadi 5 desa/kelurahan, kemudian dikerucutkan lagi hingga 3 desa/kelurahan dan akhirnya ditetapkanlah Bintara dan Cibiru Wetan menjadi wakil Jabar pada Lomdeskel tingkat nasional,” pungkas Nugi.

Di tingkat nasional Desa Cibiru Wetan dan Kelurahan Bintara akan bersaing dengan desa dan kelurahan dari seluruh Indonesia.

Misal dari Provinisi Jawa Tengah ada Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres, Solo. Kelurahan Jebres menjadi juara I sekaligus mewakili Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Lomba Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022.

BACA JUGA: Utang RSUD dr Soekardjo ke Pemasok Obat Capai 15 Miliar, Pasien Waswas Pasokan Distop

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: