KITA Tingkatkan Pengelolaan Pemkot Tasikmalaya dan Pelayanan kepada Masyarakat

KITA Tingkatkan Pengelolaan Pemkot Tasikmalaya dan Pelayanan kepada Masyarakat

Tim Penilai KITA 2022 saat melihat proposal inovasi para peserta pada Selasa 2 Agustus 2022.-Istimewa-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COMKITA atau Kompetisi Inovasi dan Teknologi Tingkat Kota Tasikmalaya 2022 telah dimulai. Setelah ditutup pendaftarannya pada 15 Juli 2022, KITA telah memasuki tahap penilaian.

Kepala Bidang (Kabid) Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tasikmalaya Tatan Supriatna membenarkan hal tersebut.

”Kemarin itu KITA 2022 telah dimulai selama 2 hari. Lomba ini terdiri dari 2 kategori. Yaitu untuk perangkat daerah terdiri dari inovasi pelayanan publik, tata pemerintahan, dan inovasi lainnya,” paparnya, Kamis 04 Agustus 2022.

BACA JUGA: Geger! Pelajar SD di Ciamis Tewas Diduga Karena Ponselnya Meledak

”Kemudian inovasi tepat guna dengan sasaran kalangan umum yaitu masyarakat, pelajar dan mahasiswa. Jadi hari pertama yaitu Selasa 02 Agustus 2022 untuk inovasi perangkat daerah ada 10 peserta,” sambungnya.

Pada hari kedua yaitu Rabu 03 Agustus 2022, untuk inovasi kategori umum ada 4 peserta. Nanti diambil 3 peserta terbaik yang akan dilombakan ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

”Lomba ini merupakan amanat dari Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah di pasal 368,” terangnya.

BACA JUGA: Kronologi Pelajar SD di Ciamis Tewas Diduga Karena Ponselnya Meledak

Dalam regulasi itu, ada ayat yang menyatakan dalam rangka meningkatkan pengelolaan pemerintahan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

”Maka pemda (pemerintah daerah) diimbau atau diwajibkan untuk melaksanakan inovasi daerah berkaitan dengan urusan pemerintahannya,” terangnya.

Kemudian, beber dia, lomba ini juga sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Tahun 2017 berkaitan dengan Inovasi Daerah. Regulasi itu mengatur bahwa daerah diharapkan berinovasi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA: Waduh, Bareskrim Tengah Selidiki 176 Lembaga Serupa ACT yang Diduga Diselewengkan Dana Umat

”Yang dimaksud inovasi daerah itu berkaitan dengan pelayanan publik. Jadi bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” bebernya.

Dia menambahkan lomba ini juga berkaitan dengan tata kelola pemerintahan bagaimana manajerial dari sudut pemerintahan serta urusan pemerintahan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: