Referensi untuk Para Pendaki, 5 Gunung Tertinggi di Dunia yang Wajib Ditaklukan

Referensi untuk Para Pendaki, 5 Gunung Tertinggi di Dunia yang Wajib Ditaklukan

Ilustrasi salah satu gunung yang jadi referensi untuk para pendaki. Foto : jabar ekspres--

Kangchenjunga

Tentu saja kamu bingung bagaimana mengeja nama gunung ini, bukan? Namun, gunung merupakan gunung tertinggii ketiga di dunia. Kamu dapat melihat gunung tertinggi ketiga dunia ini di Nepal dan Sikkim di India, dengan tiga puncak di perbatasan dan dua lainnya di Distrik Taplejung Nepal.

Meski kamu kesal bagaimana cara mengucapkan nama gunung, namun nama tersebut memiliki arti yang indah, lho. Kangchenjunga berarti “Lima Harta Karun Salju”. Hal ini tentu terkait dari lima puncak seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Adapun ketinggian puncak dari gunung ini adalah 8,586 meter di atas permukaan laut. Gunung ini tentu sangat bertaut dengan budaya orang-orang di sekitarnya. Lima puncak dari gunung ini, misalnya, dikaitkan dengan atribut-atribut keilahian.

BACA JUGA:Terungkap,Ternyata Ada Ajudan Irjen Sambo yang Saksikan Baku Tembak Bharada E dan Brigadir J dari Balik Kulkas

Lhotse

Gunung ini terletak berdekatan dengan Gunung Everest. Rute mendaki menuju Lhotse sama dengan mendaki Gunung Everest: dari Base Camp Everest sampai kamu melewati Camp 3 dan kemudian berangkat ke Reiss couloir dari Lhotse Face, untuk menuju puncak gunung ini.

Gunung ini juga dikenal sebagai “adik” dari Gunung Everest. Meski begitu, ia adalah adik yang diacuhkan. Betapa tidak, meski gunung ini tak kalah menarik, namun aktivitas pendakian di gunung tak seramai seperti Everest.

Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 meter di atas permukaan laut. Ia merupakan salah satu puncak dalam kelompok Gunung Everest.

BACA JUGA:Lowongan Kerja! Syarat Melamar Kerja KAI bagi Lulusan SMA hingga S1

Makalu

Makalu adalah yang ketiga dari empat gunung setinggi 8000m di Everest yang terletak di Nepal. Adalah Jean Franco (Perancis) yang menjadi orang pertama yang berhasil mencapai gunung ini pada 1955.

Ketinggian gunung ini adalah 8485 meter di atas permukaan laut. Oleh karena ia masuk ke dalam daftar lima gunung paling menjulang tinggi di dunia. Kamu akan menemui gunung ini di perbatasan antara Nepal dan Tiongkok.

Demikianlah 5 gunung tertinggi di dunia. Jika kamu memang mempunyai kesempatan dan keadaan yang memungkinkan, lima gunung ini boleh coba kamu “taklukan”. (jabarekspres)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: