Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta, Rute dan Nasib Kebo Bule?

Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta, Rute dan Nasib Kebo Bule?

Dua kebo bule Keraton Surakarta yang tengah menjalani isolasi akibat terkena PMK (penyakit mulut dan kuku) pada Sabtu 23 Juli 2022. Foto: Romensy Augustino/jpnn.com--

Kebo Bule

Terkait kebo bule (Mahesa), dia masih menunggu surat rekomendasi dari tim dokter hewan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DPKPP) Kota Surakarta dan tim dokter hewan dari keraton terkait dengan kondisi Mahesa.

”Kami masih menunggu rekomendasi dari tim dokter apakah Mahesa bisa dilibatkan atau tidak,” katanya.

BACA JUGA: Sementara PKL Bergeser ke Jalan Pasar Wetan, Ketua Forum PKL: Kesepakatan Awal, Kami Kembali ke Cihideung!

KP Dani menuturkan status Mahesa sebenarnya sebagai cucuk lampah saat prosesi kirab malam 1 Suro. 

”Kalau pusaka (Keraton Surakarta) itu dikeluarkan maka harus didampingi Mahesa. Jadi, agak tentatif,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Pengelola Alun-alun Selatan GKR Timoer Kusuma Dewayani mengatakan 7 kebo bule yang saat ini menderita PMK adalah kebo inti penyelenggaraan tradisi kirab Malam Satu Suro.

BACA JUGA: Tim Forensik Ungkap Kendala Otopsi Ulang Jenazah Brigadir J

”Kebo inti itu istilahnya intinya Kiai Slamet itu ada di situ. Kalau yang lain itu keturunan-keturunan,” katanya saat mengawal proses pemeriksaan kebo bule, Sabtu 23 Juli 2022.

Saat ini Keraton Surakarta memiliki 32 kebo turunan Kiai Slamet. Sebanyak 18 di antaranya dipelihara di kandang Mahesa Pusaka kawasan Alun-alun Selatan Keraton Surakarta. Sisanya tersebar di Ponorogo (Jawa Timur), Boyolali, dan Sukoharjo.

”Apon (kebo bule) yang meninggal kemarin itu, istilahnya mbok-mbokane (induknya). Biasanya kalau dikirab yang lain mengikuti si Apon ini,” tuturnya.

BACA JUGA: Berdalih Iri Soal Warisan, Motor Ponakan Nekat Diembat

Meski ada beberapa kebo bule turunan yang dipelihara di luar kawasan Alun-alun Selatan Keraton Surakarta, kerbau-kerbau tersebut tidak bisa mengikuti kirab.

”Itu tidak bisa ya, kalau kirab itu pasukan inti. Pasukan intinya sedang PMK, yang lain belum pernah diajari untuk ikut kirab,” katanya.

Kebo Bule selama ini telah menjadi ikon dalam kirab malam 1 Suro Keraton Surakarta. Namun demikian, GKR Timoer menyebut dirinya secara pribadi tidak akan fokus pada ikon tersebut mengingat kondisi kerbau yang masih dalam pemulihan dari PMK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: