Ketua Apdesi Oban Sobana: Sukseskan Desa Wisata Tidak Perlu Sesuatu yang Wah

Ketua Apdesi Oban Sobana: Sukseskan Desa Wisata Tidak Perlu Sesuatu yang Wah

GARUT, RADARTASIK.COM – Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) terpilih Oban Sobana berjanji meningkatkan potensi setiap desa untuk mendorong perekonomian masyarakat.

Oban Sobana sudah menyiapkan programuntuk meningkatkan potensi tersebut.

“Saya akan menularkan kesuksesan desa wisata di Sukalaksana ke seluruh desa yang ada. Sehingga bisa lebih maju,” ujar Kades Sukalaksana Kecamatan Samarang itu kepada wartawan usai pemilihan di salah satu hotel di wilayah Cipanas, Rabu 20 Juli 2022, kemarin.

BACA JUGA:Jati Dicanangkan Jadi Desa Wisata Ikan

Oban ingin menularkan keunggulan dari desanya ke desa-desa yang lain. Karena di desanya sukses membangun desa wisata dan sudah menerima sejumlah penghargaan.

Desa Wisata Ciburial yang dibangunnya juga tak cuma dikunjungi wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara.

“Desa yang lain juga harus maju dan mandiri. Dalam waktu dekat, saya akan kumpulkan semua desa dan akan gali potensi desa masing-masing,” ujarnya.

BACA JUGA:Desa Wisata Bisa Jadi Penopang Kebangkitan Ekonomi

Program pengembangan desa juga sudah diluncurkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui One Village One Company. Nantinya diharapkan setiap desa memiliki satu produk unggulan.

“Nanti juga kami akan adakan expo untuk tampilkan produk unggulan desa masing-masing,” ucapnya.

Oban menyebut semua desa di Garut punya potensi besar untuk mengembangkan wilayahnya. “Berpikir soal desa wisata itu tidak perlu sesuatu yang wah. Saya sendiri sejak 2010 berangkat dari potensi desa yang ada. Menyajikan tentang desa yang tak neko-neko,” katanya.

BACA JUGA:Data Banjir Garut: 19.546 Jiwa Terdampak, Melanda 90 Desa dan Kelurahan, Ini Sungai-Sungai yang Meluap

Salah satu yang bahkan pernah dinikmati wisatawan asal Jerman yakni saat ada pemilihan kepada desa. Wisatawan mancanegara tersebut sangat menikmati suasana tersebut.

“Jadi tidak perlu sampai bikin air terjun atau yang susah. Banyak potensi yang bisa dikembangkan sebenarnya dari desa itu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: