Jati Dicanangkan Jadi Desa Wisata Ikan

Jati Dicanangkan Jadi Desa Wisata Ikan

radartasik.com, GARUT — Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Garut mencanangkan pembuatan Desa Wisata Ikan di Desa Jati Kecamatan Tarogong Kaler. Desa Jati dipilih karena memiliki potensi perikanan cukup tinggi.


“Di sini (Desa Jati) ada potensi ikan yang luar biasa dan sudah berjalan lama. Saya juga senang karena di sini ada koperasi yang menampung ikan dari masyarakat,” ujar Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum usai mengunjungi Koperasi Mitra Usaha Tani Mina Farm di Desa Jati, Kecamatan Tarogong, Jumat (11/2/2022).

Uu menerangkan, dengan adanya potensi ikan yang tinggi ditambah adanya koperasi yang bisa menampung ikan dari para petani, akan ada efek domino yang bisa menyejahterakan masyarakatnya. Karena, petani ikan dapat menjual ikan dengan harga yang layak meski nantinya sampai ke masyarakat dengan harga terjangkau.

“Koperasi ini membeli ikan dari petani dengan harga lebih mahal. Sementara sampai ke konsumen bisa jauh lebih murah dari harga pasaran. Bisa beda sekitar Rp 4 ribu hingga Rp 5 ribu perkilonya,” ujarnya.

Dengan memiliki potensi perikanan, kata dia, Pemprov Jabar bersama Pemkab Garut akan mendorong masyarakat untuk beternak ikan. Salah satu langkah yang dilakukan yakni menjadikan wilayah tersebut menjadi Desa Wisata Ikan

“Pemerintah akan berusaha dengan Pemerintah Kabupaten Garut termasuk penduduk desa ini untuk menjadikan (Desa Jati) Desa Wisata Ikan. Tapi ini semua harus pengkajian dulu,” ujarnya.

Untuk merealisasikan itu, Uu meminta Kepala Desa Jati melakukan rapat internal membahas teknis apa yang nantinya akan diprogramkan. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan datang kembali ke Desa Jati bersama dinas-dinas terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan beserta Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. “Jadi saya tidak mau pertemuan ini hanya datang dan tidak ada efek domino yang berkelanjutan,” ujarnya.

Ia pun menegaskan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bertanggungjawab untuk menyejahterakan masyarakat, sehingga ia ingin memaksimalkan segala potensi yang terdapat di seluruh wilayah Jawa Barat kedepannya.

Pendiri sekaligus pembina Koperasi Mitra Usaha Tani Berkah Mina Farm, Lukman Hakim, menyampaikan apresiasi atas kepedulian wagub Jabar terhadap upaya pengembangan perikanan di Desa Jati. Ia pun menyambut baik rencana Uu untuk menjadikan daerah tersebut menjadi Desa Wisata Ikan.

Lukman optimis rencana tersebut akan segera terwujud, apalagi setelah menyimak apa yang disampaikan wakil gubernur. Ia pun berharap adanya sinergi antara Pemprov Jabar dengan Pemkab Garut dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga Desa Jati.

“Kami benar-benar serius untuk mewujudkan rencana pembentukan Desa Wisata Ikan ini. Kita juga sudah membentuk masterplan-nya,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: