Desa Wisata Bisa Jadi Penopang Kebangkitan Ekonomi

Desa Wisata Bisa Jadi Penopang Kebangkitan Ekonomi

radartasik.com, SAMARANG — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Saung Ciburial di Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang, Senin (18/10/2021). Kedatangan rombongan Menparekraf itu untuk melihat secara langsung Desa Wisata yang masuk 50 terbaik di Indonesia.


Kedatangan Sandi bersama beberapa anggota DPR RI, seperti Mulan Jameela dan Ferdiansyah langsung disambut beragam kesenian tradisional, mulai dari kaulinan barudak lembur hingga adu ketangkasan domba Garut.

Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi Desa Wisata Saung Ciburial karena bisa menjadi desa mandiri dan berdaya saing. Desa wisata itu bisa menjadi penopang kebangkitan ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19. “Kita apresiasi karena dari desa yang tertinggal menjadi desa yang mandiri dan sekarang 50 desa yang terbaik,” ujarnya.

Sandi mengatakan, dengan berkembangnya desa wisata, selain bisa berdaya saing, juga berkelanjutan dan bisa membuka lapangan kerja. “Dengan banyaknya UMKM yang ada, desa ini juga bisa menumbuhkan lapangan kerja,” terangnya.

Menurut Sandi, hadirnya destinasi baru yang saat ini banyak bermunculan di Jawa Barat membuat pihaknya terus melakukan pemantauan intens terhadap penerapan protokol kesehatan. Karena berdasarkan hasil rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, diprediksi adanya gelombang ketiga Covid-19 akan terjadi di Indonesia pada penghujung tahun ini.

“Kita instruksikan seluruh jajaran untuk mengantispasi hal tadi, apalagi Provinsi Jawa Barat, termasuk Kabupaten Garut memiliki banyak sekali destinasi wisata,” ujarnya.

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan, masuknya Desa Wisata Ciburial ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun ini menjadi kehormatan dan kebahagiaan tersendiri bagi pihaknya. “Ini dulunya adalah desa tertinggal, sekarang (menjadi) desa mandiri dan (masuk) 50 desa terbaik dalam pariwisata dari (kurang lebih) 80 ribu desa di Indonesia,” ujar bupati Garut.

Rudy menambahkan, Desa Wisata Ciburial merupakan salah satu desa wisata terbaik yang dimiliki Kabupaten Garut. “Ini adalah kebanggaan, semoga sebagaimana arahan pak menteri tadi bahwa ini adalah satu era kebangkitan ekonomi untuk desa. Di Garut ada 125 desa seperti ini (desa mandiri), tapi kelasnya berbeda dengan Ciburial, tapi (dari) 125 desa bapak bisa lihat yang terbaik adalah Desa Ciburial,” ucapnya.

Ia berharap dengan masuknya Desa Wisata Ciburial ke dalam 50 besar ADWI, bisa ikut serta dalam rangka mensejahterakan masyarakat. (yna)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: