Parkir Berlangganan Terus Dimatangkan, Komisi B Belum Terima Kajian Terbaru dari Dinas

Parkir Berlangganan Terus Dimatangkan, Komisi B Belum Terima Kajian Terbaru dari Dinas

CIAMIS, RADARTASIK.COMDinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis akan mengkaji dan mematangkan sebelum parkir berlangganan diberlakukan.

Dishub akan melakukan hal itu setelah munculnya berbagai kritikan terkait rencana diberlakukannya parkir berlangganan mulai tahun 2023.

Kepala UPTD Pengelolaan Parkir Dishub Kabupaten Ciamis Dedi Iswadi mengatakan kajian penyempurnaan tentang parkir berlangganan sedang berlangsung.

BACA JUGA: GMNU Ciamis Sarankan Begini Terkait Rencana Parkir Berlangganan

Utamanya tentang petunjuk teknis pelaksanaan parkir berlangganan di Peraturan Bupati, mulai dari gaji juru parkir, titik-titik mana saja diberlakukan, cara penarikan retribusi parkir berlangganan dan lainnya.

“Saat ini kita terus memperdalam kajian parkir berlangganan. Tentunya agar mampu mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Ciamis dan menguntungkan masyarakat,” katanya kepada Radar, Rabu 13 Juli 2022.

Kata dia, salah satunya juga mengkaji berapa kelayakan kehidupan juru parkir ketika parkir berlangganan diberlakukan. Sebab, itu berkaitan dengan kemampuan APBD Kabupaten Ciamis.

BACA JUGA: DPRD Minta Pemkab Tasikmalaya Optimalkan Pendapatan dari Retribusi Parkir

Kemudian, akan segera mengkaji pendapatan per bulan dari parkir berlangganan. Dengan asumsi jumlah kendaraan yang melakukan bayar pajak kendaraan dengan diambil 70 persennya.

“Kalau sudah punya gambaran ideal tersebut, nantinya bisa terlihat. Setelahnya langsung diajukan pimpinan, nanti untuk keputusan terserah mau bagaimana,” ujarnya, menjelaskan.

Selain itu, kata dia, nantinya ada dua kebijakan di Kabupaten Ciamis untuk retribusi parkir, baik konvensional dan berlangganan.

BACA JUGA: Parkir Berlangganan Diusulkan Dilengkapi CCTV, Dishub Ciamis Belum Bisa Jawab

Khusus parkir konvensional tahun 2022 mesti diusahakan mencapai target Rp725 juta. Hasilnya, parkir konvensional semester 1 atau per enam bulan sudah 50,7 persen tercapai atau mencapai Rp300 jutaan. “Targetnya parkir konvensional bagus. Karena sudah on the track,” katanya.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Ciamis H Komar Hermawan menyampaikan soal parkir berlangganan yang saat ini menjadi sorotan publik memang dari kajian terbaru dinas belum disampaikan ke DPRD. Sehingga, kalau dijawab sekarang nanti tidak tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: