Parkir Berlangganan Diusulkan Dilengkapi CCTV, Dishub Ciamis Belum Bisa Jawab

Parkir Berlangganan Diusulkan Dilengkapi CCTV, Dishub Ciamis Belum Bisa Jawab

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Penerapan parkir berlangganan perlu keseriusan Pemerintah Kabupaten Ciamis agar bisa berjalan maksimal. Salah satunya melengkapi fasilitas keamanan maksimal, mulai dari asuransi kendaraan hingga kamera pengaman atau CCTV.

Kepala Desa Cisadap Kecamatan Ciamis H M Muslih mengatakan, parkir berlangganan yang akan diberlakukan pada 2023 sudah mendengar informasinya. Namun, secara teknis dan pastinya belum ada sosialisasi yang khusus.

“Secara pastinya saya belum paham seperti apa, namun meminta dalam penerapan parkir berlangganan nanti, mesti mengutamakan keamanan maksimal kendaraan," ujarnya.

BACA JUGA: Belasan Kambing Mati Misterius di Indramayu, Perut Robek, Jantung dan Hati Hilang

“Parkir berlangganan harus ada keamanannya. Oleh karenanya, mesti ada asuransi kehilangan kendaraan dan kamera CCTV,” katanya kepada Radar, Senin 11 Juli 2022.

Keamanan itu, kata dia, berguna ketika para pengguna parkir berlangganan melakukan parkir di sekitar pasar tradisional atau di tepi jalan. Karena daerah tersebut zona rawan kehilangan kendaraan, khususnya motor.

“Untuk yang mengikuti parkir berlangganan harus dilindungi asuransi dan CCTV. Tentunya agar tercipta ketertiban dan keamanan,” ujarnya.

BACA JUGA: Tragedi! Usai Nonton Timnas Indonesia U-19, Empat Orang Tewas di Pamanukan Subang, Mobil Mereka Terbakar

Ketua Umum PC IMM Ciamis Dadi Alfito menjelaskan, akan diterapkannya parkir berlangganan sangat disambut baik, khususnya untuk bisa menggenjot pendapatan asli daerah. Namun yang harus diperhatikan adalah keamanan dalam area parkir berlangganan tersebut.

“Parkir berlangganan juga harus diperhatikan lagi keamanan seperti pemasangan CCTV dan asuransi kehilangan kendaraan,” katanya.

“Yang harus jadi perhatian adalah, parkir berlangganan ini harus menyentuh semua lokasi parkir resmi milik Pemkab Ciamis. Sehingga masyarakat benar-benar merasakan keberadaannya, jangan hanya terpusat di perkotaan saja,” ujar dia.

BACA JUGA: Benarkah Nathalie Holscher Tidak Mau Rujuk dengan Sule? Uya Kuya dan Dicky Candra Berusaha Jadi Penengah

Kemudian, kata dia, pemerintah juga harus memperhatikan kesejahteraan juru parkir ketika kebijakan ini diberlakukan.  “Jangan sampai diberikan gaji yang minim, minimal upah minimum kabupaten (UMK) Kabupaten Ciamis. Apalagi gajinya Rp 1 juta per bulan, itu sangat kasihan,” katanya.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Achmad Yani mengaku belum bisa menjawab untuk keamanan kawasan parkir berlangganan mendapatkan asuransi kehilangan kendaraan atau pun ada CCTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: