Menu DAK 2023 untuk Infrastruktur Hilang, Sekda Kabupaten Tasik Perintahkan Kantor UPT Pekerjaan Umum Harus...

Menu DAK 2023 untuk Infrastruktur Hilang, Sekda Kabupaten Tasik Perintahkan Kantor UPT Pekerjaan Umum Harus...

KABUPATEN TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Menu dana alokasi khusus (DAK) 2023 untuk untuk infrastruktur hilang, Sekretaris Derah Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen memberikan respons atas kebijakan pemerintah pusat tersebut.

Menurur Mohamad Zen, hilangnya menu DAK 2023 untuk infratruktur akan membuat Kabupaten Tasikmalaya sulit membangun dan memperbaiki infrastruktur, khususnya jalan

"Memang itu berat kalau memang terjadi apalagi hingga saat ini banyak infrastruktur yang harus dibangun di Kabupaten Tasikmalaya," kata Mohamad Zen di ruangannya, Kamis 7 Juli 2022.

BACA JUGA: Kronologi Meninggalnya 3 Pelajar asal Cibeureum, Kota Tasikmalaya Tenggelam di Pantai Legok Jawa, Pangandaran

BACA JUGA: 3 Jenazah Remaja Irema Nurul Huda yang Meninggal di Legok Jawa Tiba di Tasikmalaya

Hingga saat ini dari sekitar 1.300 kilometer panjang jalan di Kabupaten Tasikmalaya, 30 persennya dalam kondisi rusak berat, sehingga memerlukan perbaikan. 

Namun dengan keterbatasan kemampuan anggaran dan rendahnya pendapatan daerah serta kemampuan fiskal, yang hanya di angka 3 persen, sulit bagi pemerintah daerah mewujudkan infrastruktur sesuai keinginan rakyat khususnya jalan. 

"Sebetulnya DAK itu tidak merata semua provinsi di Indonesia. Dalam skala hitungan makro, dianggap sudah lebih baik dari provinsi lainnya secara makro. Maka pemerintah pusat mengevaluasi dari DAK untuk fisik di kota dan kabupaten di Jawa Barat itu yang kami tahu," jelas Mohamad Zen.

BACA JUGA:Cerita Budayawan Tasik, Putranya Selamat Tersapu Ombak di Legok Jawa Pangandaran, 3 Orang Meninggal

Walapun pada kenyataanya, kata Mohamad Zen, Kabupaten Tasikmalaya saat ini memiliki 30 persen jalan rusak dari  panjang jalan kesuluruhan 1.300 km. 

"Seperti kita ketahui pada tahun 2021 lalu banyak anggaran yang sudah dialokasikan di 16 titik dan sudah SPK, namun karena tidak ada uangnya sehingga tidak jalan. Walapun di tahun 2022 ini dengan kemampuan anggaran yang ada sudah dilaksanakan," kata Mohamad Zen memaparkan.

BACA JUGA: Nama-Nama 4 Korban Tenggelam dan 5 Selamat di Laut Legok Jawa, Pangandaran

Selama ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya fokus memperbaiki infrastruktur. 

"Maka saya sudah mengintruksikan kepada setiap UPT Pekerjaan Umum di setiap wilayah untuk mengalokasikan perbaikan-perbaikan infrastruktur, " kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: