Waspada Kasus Covid di Kota Tasikmalaya Terus Bertambah, Pasien Tertular Usai Perjalanan Luar Kota

Waspada Kasus Covid di Kota Tasikmalaya Terus Bertambah, Pasien Tertular Usai Perjalanan Luar Kota

Radartasik, KOTA TASIK – Sepekan ini kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya terus bertambah. 

Awalnya Kamis, 30 Juni lalu, kasus pasien positif Covid yang aktif sebanyak 3 orang. Pada Jumat, 01 Juli kasus aktif bertambah menjadi 5 pasien, Sabtu 02 Juli menjadi 6 pasien dan Minggu, 03 Juli bertambah mejadi total 8 kasus aktif pasien Covid-19.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya, Asep Hendra Hendriyana.

BACA JUGA:Masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya Masih Antusias Mengikuti Vaksinasi Covid-19

"Beberapa hari terakhir menambah lagi kasus yang positif. Jadi sesuai instruksi Dinkes Jabar, testing harus terus ditingkatkan dan diperketat," paparnya, Minggu (03/07/22).

"Jadi kasus-kasus sakit batuk pilek mengarah ke influenza disarankan ditesting antigen karena masuk kategori suspect. Hasilnya ternyata positif," sambungnya.

Terang dia, dari total 8 kasus sebanyak pasien positif Covid riwayatnya 4 pasien usai melakukan perjalanan luar kota. Mereka awalnya mengeluhkan sakit demam, nyeuri badan, batuk dan pilek.

BACA JUGA:Binda Akselerasi Percepat Vaksinasi Covid-19, Jemaah Pengajian dan Tempat Wisata Tak Terlewat

"Kemudian berobat dan dites antigen hasilnya positif. Ya kalau penambahan pasti terus ada. Melihat apakah ini menuju puncak atau tidak kita belum tahu," terangnya. 

Meningkatnya kasus itu biasanya dibarengi dengan penyakit influenza, nyeuri badan, batuk dan pilek.

"Jadi yang lagi sakit itu sebaiknya discrening aja ditesting supaya jelas, apakah sakit biasa atau terpapar. Gejalanya memang mirip varian BA.4 dan BA.5," bebernya.

Tapi, menurut dia, mereka yang positif itu rata-rata sudah divaksin lengkap dan booster juga. Gejalannya memang seperti batuk pilek biasa kadang dianggap kecapean saja.

BACA JUGA:1,7 juta Orang Inggris Terinfeksi Covid Minggu Lalu 

"Tapi rata-rata dialami mereka yang pulang perjalan dari luar kota," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: