Waspada! Pasien Covid-19 Naik Lagi, Tercatat Ada 1.242 Orang Terkonfirmasi Positif Hari Ini

Waspada! Pasien Covid-19 Naik Lagi, Tercatat Ada 1.242 Orang Terkonfirmasi Positif Hari Ini

Ada beberapa potensi kenaikan kasus yang dapat diidentifikasi. Seperti mobilitas penduduk yang terus naik jika dibandingkan sepanjang tahun 2021. 

BACA JUGA:Polisi Gagal Jemput Paksa Nikita Mirzani, Sedianya Hendak Diminta Keterangan Atas Laporan Kekasih Nindy Ayunda

Juga, seiring melandainya kasus, berpotensi meningkatkan interaksi antar masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya.

Lalu, kembali normalnya aktivitas masyarakat di tempat-tempat publik, serta kegiatan-kegiatan berskala besar yang dihadiri banyak orang, berpotensi meningkatkan interaksi antar masyarakat sehingga meningkatkan potensi penularan. 

Penyebab lain, melandainya kasus Covid-19 tersebut mempengaruhi kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

BACA JUGA:Antisipasi Penyebaran Varian Baru Covid, Dinkes Kota Tasikmalaya Akan Lakukan Hal Ini

"Seperti di tempat-tempat umum dan di lingkungan pemukiman yang tidak lagi sedisiplin saat kasus meningkat. Disamping itu, mutasi virus dengan varian baru BA.4 dan BA.5 sudah masuk Indonesia," jelasnya

Untuk di Indonesia sendiri kedua subvarian ini pertama kali dilaporkan pada 6 Juni 2022, dan kini 8 kasus telah dilaporkan. 

Dari karakteristiknya, secara epidemiologi, varian BA.4 di 61 negara melalui 7.524 sekuens yang telah dilaporkan melalui GISAID. Sekuens terbanyak di Afrika Selatan, Amerika Serikat, Britania Raya, Denmark dan di Afrika Selatan.

BACA JUGA:Mayat Pria di Kebun Salak Kondisinya Mengenaskan, Polisi Selidiki Pelakunya

Sedangkan varian BA.5 teridentifikasi di 65 negara melalui 10.442 sekuens yang telah dilaporkan melalui GISAID. Sekuens paling banyak teridentifikasi di Amerika Serikat, Portugal, Jerman, Britania Raya dan Afrika Selatan. Transmisibilitas dari varian ini memiliki kemungkinan menyebar lebih cepat, tanpa indikasi menyebabkan kesakitan lebih parah dibandingkan varian Omicron lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: