Cari Uang

Cari Uang

Usia Lawrence Wong beda jauh dengan Lee Hsien Loong: 21 tahun. Ini benar-benar alih generasi. Wong baru berumur 49 tahun.

Dengan keputusan PM Lee untuk local leave jadilah Wong pejabat perdana menteri Singapura. Selama 1 minggu. Itu dianggap penting. Agar masyarakat Singapura mulai terbiasa melihat perdana menteri yang bukan "Itu".

PM Lee pernah cuti. Dua kali. Ke luar negeri. Sampai 16 hari. Pun saat itu tidak perlu mengangkat pejabat perdana menteri. Alasannya: saya kan masih bisa dihubungi.

Kini PM Lee local leave, 7 hari. Di Singapura saja. Perlu mengangkat pejabat sementara. Mungkin karena ia tidak bisa dihubungi.

Sudah 18 tahun Lee menjabat perdana menteri. Ia ingin yang muda yang menggantikannya.

Awalnya Lee terlihat ingin mempromosikan Heng Swee Keat –saat itu menteri keuangan. Beda umurnya 10 tahun.

Swee Keat juga sudah diangkat menjadi wakil perdana menteri. Tiga tahun lalu. Sudah magang lama. Namanya pun sudah diterbitkan sebagai calon pemimpin masa depan Singapura.

Lalu datanglah Covid-19.

PM Lee tidak jadi mengakhiri masa jabatannya. Ia merasa tidak baik kalau meninggalkan jabatan dalam keadaan yang amat buruk. Ia tidak mau muncul kesan seperti tinggal gelanggang.

Anda tidak tahu apa yang terjadi selama Covid. Saya juga tidak tahu. Teman-teman Singapura saya pun tidak tahu. Sampai belakangan muncul nama Lawrence Wong sebagai calon pemimpin baru.

Awalnya Wong hanya dipromosikan. Dari pos menteri pendidikan ke menteri keuangan.

Selama menjabat menkeu itu Wong terlihat kian menonjol. Mulailah dimunculkan nama Wong sebagai pemimpin Singapura G4.

Wong kian populer. Ia memang pernah menjadi menteri pemuda, menteri pembangunan nasional, dan menteri pendidikan. Jabatan menteri keuangan adalah pertanda untuk meloncat ke yang lebih tinggi.

Hari ini adalah hari ketiga bagi Wong sebagai pejabat perdana menteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id

Berita Terkait