Sering Terjadi Penembakan Massal, Ribuan Orang Berunjuk Rasa Meminta Pengendalian Senjata di AS

Sering Terjadi Penembakan Massal, Ribuan Orang Berunjuk Rasa Meminta Pengendalian Senjata di AS

Radartasik, AS, Beberapa demonstrasi menentang kekerasan senjata diadakan di Washington, New York dan puluhan kota AS lainnya.

Para aktivis memberi tekanan pada anggota parlemen untuk memperketat undang-undang pengawasan senjata setelah terjadi beberapa penembakan massal yang mematikan.

Protes yang berjudul “March for Our Lives” terbesar diadakan di Monumen Washington di DC, meskipun kerumunan 30.000 orang diperkirakan  lebih kecil dari yang diharapkan oleh penyelenggara setelah dua penembakan profil tinggi yang mengguncang negara bulan lalu.

Acara protes tersebut menampilkan beberapa pembicara terkenal, aktivis dan penyintas kekerasan senjata lainnya, mereka memohon kepada anggota parlemen AS untuk melakukan pekerjaan mereka dan melindungi anak-anak Amerika.

“Jika pemerintah kita tidak dapat melakukan apa pun untuk menghentikan 19 anak dibunuh dan dibantai di sekolah mereka sendiri dan dipenggal kepalanya, inilah saatnya untuk mengubah siapa yang ada di pemerintahan,” kata David Hogg, penyintas penembakan sekolah tahun 2018 oleh Parkland, Florida.

Ayah dari korban Parkland lainnya meminta siswa untuk memboikot sekolah “sampai para pemimpin terpilih kita berhenti menghindari krisis kekerasan senjata di Amerika dan mulai bertindak untuk menyelamatkan hidup kita.”
"Semua orang Amerika memiliki hak untuk tidak ditembak, hak atas keselamatan," kata David Hogg dikutip dari Russian Today.

Sementara cucu perempuan Martin Luther King Jr mengatakan masalah kekerasan senjata "bukan tentang politik," Presiden AS Joe Biden mengirim pesan mendorong para aktivis untuk "terus berbaris" sampai kongres memutuskan pengawsan senjata yang lebih ketat.

“Hari ini, orang-orang muda di seluruh negeri sekali lagi berbaris dengan @AMarch4OurLives untuk menyerukan Kongres agar meloloskan undang-undang keamanan senjata akal sehat yang didukung oleh mayoritas orang Amerika dan pemilik senjata. Saya bergabung dengan mereka dengan mengulangi seruan saya ke Kongres: lakukan sesuatu,” tutur Joe Biden.

BACA JUGA:Penembak Tulsa Targetkan Dokter Yang Mengoperasi Punggungnya

Di New York City, pengunjuk rasa berbaris di atas Jembatan Brooklyn ke Balai Kota Manhattan, dengen peserta berjumlah “ratusan” atau “lebih dari 1.000”, menurut perkiraan berbagai media.

Penyelenggara “March for Our Lives” mengatakan mereka fokus mengadakan banyak pawai kecil di setidaknya 300 lokasi di seluruh negeri, daripada mencoba untuk mengalahkan rekor jumlah kehadiran demonstran pada tahun 2018.

Protes nasional terbaru terhadap kekerasan senjata muncul setelah pembantaian di Robb Elementary School di Uvalde, Texas, di mana 19 siswa dan dua guru tewas pada 24 Mei dan penembakan massal di sebuah supermarket di Buffalo, New York, yang menyebabkan kematian 10 orang pada 14 Mei.

Dalam kedua kasus tersebut, pelakunya adalah laki-laki berusia 18 tahun yang baru saja membeli senapan serbu yang memicu seruan untuk melarang senjata api semacam itu dan meningkatkan batasan usia pemiliknya.

Awal pekan ini, Dewan Perwakilan Rakyat AS meloloskan beberapa langkah pengendalian senjata dalam pemungutan suara dengan sebagian besar partai berusaha menaikkan batas usia untuk membeli senjata semi-otomatis dan menetapkan undang-undang darurat federal.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan bahwa keadaan ekonomi AS yang buruk dan inflasi yang melonjak masih menjadi kekhawatiran terbesar bagi rakyat Amerika, meskipun masalah kekerasan senjata dan aborsi semakin menjadi pendorong penting pemungutan suara.

Sebagian besar pakar politik memperkirakan Demokrat akan menderita kerugian serius dalam pemilihan paruh waktu pada bulan November yang merugikan partai yang menguasai mayoritas di DPR dan Senat AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today