Polandia Jadi Pembeli Senjata Terbesar Korea Selatan

Polandia Jadi Pembeli Senjata Terbesar Korea Selatan

POLANDIA, RADARTASIK.COMPOLANDIA dan Korea Selatan menandatangani perjanjian kerja sama untuk kesepakatan penjuaan senjata terbesar Seoul.

Pabrikan Korea Selatan akan memasok hampir 1.000 tank, lebih dari 600 artileri, dan hampir 50 jet tempur ke negara Eropa Timur itu.

Kesepakatan multi-miliar dolar ini menjadi salah satu pesanan pertahanan terbesar POLANDIA dan paling signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA:Kim Jong-un Tegaskan Pasukan Korea Utara Siap untuk Perang Nuklir

Senjata Korea Selatan tersebut akan memperkuat angkatan bersenjata menurut pengumuman Kementerian Pertahanan Polandia dalam siaran pers.

Pesanan dikabarkan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama mencakup 180 tank K2 dan 48 howitzer K9 dan  pengiriman pertama diharapkan dating tahun ini.

Tahap kedua akan mencakup lebih dari 800 tank K2PL yang ditingkatkan dan 600 howitzer K9 dan akan melibatkan transfer teknologi dengan kedua senjata itu akan diproduksi di Polandia mulai tahun 2026.

BACA JUGA:Polandia Hentikan Pasokan Bahan Bakar Gratis Ke Ukraina

Polandia juga akan memperoleh 48 jet FA-50 yang dapat digunakan untuk pelatihan dan pertempuran. Menurut Kementerian Pertahanan Polandia, pesawat pertama akan dikirim tahun depan.

FA-50 akan memungkinkan Warsawa untuk menghentikan serbuan pesawat lama era Soviet dan mengintensifkan pelatihan pilot Polandia menurut siaran pers kementerian.

Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak mengatakan kesepakatan pembelian senjata menjadi bagian penting Polandia mempersenjatai kembali setelah konflik di Ukraina.

BACA JUGA:Polandia Siap Membangun Pangkalan NATO

“Kami mengambil pelajaran dari apa yang terjadi di Ukraina. Kita dapat melihat bahwa pasukan lapis baja dan artileri sangat penting di medan perang saat ini,” kata menteri kepada wartawan setelah menyetujui kontrak.

“Oleh karena itu, kami membuat keputusan untuk memperkuat angkatan bersenjata,” lanjutnya dikutip dari Russian Today.

Ketika ditanya apakah kerja samanya dengan Polandia berarti Seoul siap memberikan lebih banyak bantuan ke Ukraina, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin menekankan bahwa kesepakatan itu benar-benar masalah bilateral menurut laporan Reuters.

Harga pembelian belum diumumkan, namun diperkirakan lebih dari $7 miliar dari semua penjualan senjata Korea Selatansecara global tahun lalu.

Harga jet tempur saja mencapai $3 miliar, jumlah keseluruhan diperkirakan berada dalam kisaran $14-15 miliar dan berpotensi melampaui seluruh alokasi pertahanan Polandia tahun ini sebesar $14,1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today