Terungkap! Rencana AS Berikan Bantuan Militer Raksasa untuk Taiwan, China Mengancam!

Terungkap! Rencana AS Berikan Bantuan Militer Raksasa untuk Taiwan, China Mengancam!

Ilustrasi drone pengintai MQ-9A.-Wikipedia-

Terungkap! Rencana AS Berikan Bantuan Militer Raksasa untuk Taiwan, China Mengancam

RADARTASIK.COMAmerika Serikat (AS) telah menyusun rencana untuk memberikan bantuan militer senilai lebih dari 300 juta dolar atau sekitar 4,5 miliar rupiah kepada Taiwan.

Rencana ini, yang diperkirakan akan segera diumumkan oleh pemerintah AS, dapat memicu ketegangan dengan China.

Seorang pejabat Washington yang ingin tetap anonim mengungkapkan bahwa paket bantuan ini bernilai sekitar 330 juta dolar atau hampir mencapai 5 miliar rupiah. 

BACA JUGA: Melihat Daisuke Sato Menangis di Ruang Ganti Persib, Bobotoh Ikut Teteskan Air Mata: Bojan Hodak Kapan Melatih

Namun, Gedung Putih hingga saat ini belum memberikan komentar resmi terkait rencana ini.

Dalam beberapa pekan terakhir, 4 sumber yang terinformasi menyebutkan bahwa paket bantuan dari AS kemungkinan akan mencakup 4 drone pengintai MQ-9A, meskipun tanpa dilengkapi senjata.

Namun, kemungkinan pemberian drone ini dapat dibatalkan karena pejabat AS berusaha menghapus beberapa peralatan canggih dari drone tersebut yang hanya bisa diakses oleh Angkatan Udara AS.

Selain itu, pertanyaan tentang siapa yang akan membiayai perubahan pada drone juga menjadi salah satu pertimbangan penting.

BACA JUGA: Profil Mantan Bintang Persik Kediri di Skuad Persib Saat Ini, Janjinya Membuat Bobotoh Bangga

Hingga saat ini, Reuters belum dapat memastikan apakah drone MQ-9A akan benar-benar menjadi bagian dari pasokan bantuan AS untuk Taiwan.

Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei di AS juga belum memberikan tanggapan mengenai rencana ini.

Sebelumnya, Taiwan telah menyetujui pembelian empat drone yang lebih canggih, yaitu MQ-9B SeaGuardian yang diproduksi oleh General Atomics, dengan rencana pengiriman pada tahun 2025.

Kesepakatan ini juga sejalan dengan persetujuan Kongres AS untuk memberikan dana hingga 1 miliar dolar atau sekitar 15 triliun rupiah untuk memasok senjata bagi Taiwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: