Gemakan Sumpah Pemuda! Partim Suguhkan Pesta Seni dan Budaya Penuh Kejutan di Sukamaju Kaler

Senin 28-10-2024,18:45 WIB
Reporter : Ujang Nandar
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Malam itu, suasana di Kelurahan Sukamaju Kaler, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya terasa berbeda. 

Sehari sebelum hari H Sumpah Pemuda, Minggu, 27 Oktober 2024, komunitas Partim "Parhon Timur" menggelar peringatan Sumpah Pemuda dengan acara seni dan budaya yang meriah. 

Hiruk-pikuk musik tradisional dan tepuk tangan penonton mengisi udara, membawa semangat persatuan dan kreativitas yang tercermin dari berbagai penampilan seni yang disuguhkan.

Reza Wijatnika, Ketua Komunitas Partim, berbagi cerita tentang pentingnya acara ini bagi generasi muda. 

BACA JUGA:Tidak Perlu Datang ke Bank, Lebih Mudah Buka Rekening Lewat BRI Mobile

"Kami ingin Sumpah Pemuda tak hanya jadi kenangan sejarah," ujarnya, Senin 28 Oktober 2024.

"Tapi tetap hidup dalam bentuk yang relevan bagi anak muda. Lewat seni, kita bisa menyatukan mereka dan menghidupkan kembali tradisi yang mulai terlupakan," sambungnya.

Acara yang diadakan malam itu terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 16.00 hingga 17.30, menampilkan tarian-tarian khas Nusantara yang dibawakan oleh anak-anak setempat. 

Sorak sorai penonton semakin meriah saat anak-anak dengan penuh percaya diri menampilkan gerakan tari yang enerjik dan penuh makna, seolah menceritakan kekayaan budaya Indonesia melalui setiap langkah dan irama.

BACA JUGA:Mengecap Manisnya Bisnis Stroberi dengan Pemberdayaan BRI

Memasuki sesi kedua, panggung beralih menjadi arena pertunjukan seni pencak silat yang memukau, disusul dengan musik karinding yang menghanyutkan, tari jaipong yang dinamis, hingga kasidah rebana yang penuh syahdu. 

Tidak hanya itu, malam tersebut juga diwarnai pemutaran film pendek yang dibintangi oleh warga sekitar, dengan cerita yang mengangkat keseharian penuh persaudaraan, motivasi, dan humor. 

"Kami ingin setiap acara yang digelar oleh Partim memiliki ciri khas tersendiri," terang Reza. 

"Selalu ada suguhan yang berbeda, karena komunitas ini dipenuhi anak-anak muda kreatif yang tak hanya sebagai seniman, tapi juga konten kreator dan budayawan." 

BACA JUGA:BRI Property Expo Goes to Sinarmas Land: Miliki Hunian Idaman dengan Penawaran Menarik

Kategori :