Dokter Tirta : Kejadian Markis Kido Mirip dengan Dialami Eriksen

Dokter Tirta : Kejadian Markis Kido Mirip dengan Dialami Eriksen

RADARTASIK.COM, JAKARTA — Dokter sekaligus influencer dr Tirta Mandira Hudhi mengungkapkan kejadian henti jantung yang diduga dialami Markis Kido mirip dengan Christian Eriksen.

Seperti diketahui, gelandang Denmark Christian Eriksen juga mengalami kolaps di lapangan, saat laga Denmark vs Finlandia di Piala Eropa, baru-baru ini.

“Kejadian yang menimpa Markis Kido mirip dengan kejadian yang menimpa Eriksen,” tulis Dokter Tirta dalam unggahannya di Instagram.

Menurut dia, gejala utamanya adalah kehilangan kesadaran, henti nafas, dan nyeri dada tiba-tiba. Biasanya setelah melakukan aktivitas sangat berat.

“Golden time penanganannya 10 menit harus dilakukan RJP (CPR), kalau perlu AED dan dibawa ke IGD agar ditangani dokter SpJP, ” demikian dijelaskan.

Dokter Tirta menjelaskan, kejadian serangan jantung bisa menimpa siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Karenanya, jika seseorang sudah merasakan kecapekan maka sebaiknya menghentikan aktifitasnya. Selain itu dia menyarankan agar setiap orang rutin melakukan cek EKG  (Elektrokardiogram) atau pemeriksaan aktivitas listrik jantung per 6 bulan. “Duka yang sangat mendalam untuk negara kita,” tulisnya.

Pria yang dikenal aktivis sosial itu juga memandang perlunya dilakukan pelatihan resusitasi jantung paru (RJP) untuk orang awam sejak dini di sekolah. Sehingga jika ada kejadian seseorang mengalami henti jantung maka dapat melakukan RJP pada 10 menit golden period time untuk pertolongan pertama. (bbs/rc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: