Ivan-Dede Siap Atasi Masalah Sampah Kota Tasikmalaya dalam Setahun

Ivan-Dede Siap Atasi Masalah Sampah Kota Tasikmalaya dalam Setahun

Pasangan Cawalkot-Cawawalkot Tasikmalaya Ivan Dicksan dan Dede Muharam saat Buka-Bukaan Politik di Studio Radar TV, Jumat 20 September 2024. rezza rizaldi / radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Permasalahan sampah menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya hasil Pilkada 2024. 

Pasangan calon Ivan Dicksan dan Dede Muharam mengklaim mampu menyelesaikan masalah ini dalam waktu satu tahun.

Ivan Dicksan mengakui bahwa pengelolaan sampah di Kota Tasikmalaya masih memerlukan pembenahan, terutama terkait sarana dan prasarana. 

Menurutnya, kendala utama saat ini adalah armada pengangkut sampah yang belum memadai, serta pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ciangir yang perlu ditingkatkan. 

BACA JUGA:Diky Chandra Blusukan Kawalu: Fokus Penanganan Stunting dan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif

"TPA Ciangir masih luas, tapi sampah menumpuk di bagian depan," ujar Ivan dalam acara Buka-Bukaan Politik di Studio Radar TV, Jumat 20 September 2024.

Ivan juga mengapresiasi bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) yang diterima Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam bentuk alat berat. 

Bantuan ini diharapkan dapat mempercepat proses pengangkutan sampah sehingga masalah penumpukan di TPA bisa segera teratasi. 

“Kami berkomitmen memperbaiki sarana dan pengelolaan sampah agar dalam satu tahun, Kota Tasikmalaya bisa lebih bersih. Minimal ada progres signifikan dalam setahun,” ungkapnya.

BACA JUGA:6 Makanan Penyebab Bulu Kucing Rontok, No 3 Sering Dianggap Biasa

Sementara itu, Dede Muharam menekankan bahwa penanganan sampah tidak bisa hanya bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

Oleh karena itu, dia berencana melibatkan sektor swasta untuk membantu pengelolaan sampah. 

“Kami sudah berdiskusi dengan beberapa pengusaha yang siap membantu,” jelas Dede.

Selain masalah sampah, pasangan ini juga membahas pembangunan pedestrian di Jalan Cihideung yang sudah selesai secara fisik, tetapi masih memerlukan dukungan sarana parkir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: