Kapan 3 Rest Area Baru di JTTS Selesai, di Mana Lokasi TIP Baru?

Kapan 3 Rest Area Baru di JTTS Selesai, di Mana Lokasi TIP Baru?

Penampakan rest area baru di JTTS (Jalan Tol Trans Sumatera).-BPJT-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) membangun tiga rest area baru di JTTS (Jalan Tol Trans Sumatera).

Di mana lokasi TIP (tempat istirahat dan pelayanan) yang tengah dibangun anak usaha PT Hutama Karya tersebut?

Tiga rest area baru yang masih dalam tahap pembangunan antara lain TIP Jalan Tol Binjai - Pangkalan Brandan. TIP Jalan Tol Pekanbaru - Dumai. TIP Jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini melaporkan secara keseluruhan progress pengerjaan tiga rea area baru ini telah mencapai 90 persen.

BACA JUGA: Kata Bawaslu, 30 Ribu Lebih Warga Meninggal Masih Terdaftar di DP4 Pilkada 2024 Kabupaten Tasikmalaya

TIP baru di JTTS akan mengakomodir 319 tenant dengan lebih dari 50% tenant untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Kehadiran TIP baru di JTTS ini akan memberi manfaat yang besar baik dari sisi peningkatan perekonomian bagi masyarakat maupun tenaga kerja.

Dari sisi pemberdayaan masyarakat, rest area ini juga akan membuka peluang lapangan pekerjaan baru, terutama bagi warga sekitar untuk terlibat dalam operasional sehari-hari.

PT HKI juga tengah berupaya menyelesaikan 10 TIP di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai yang pembangunannya dimulai sejak Maret 2023. Dengan rincian 5 TIP dibangun di sisi A dan 5 TIP yang dibangun di sisi B. 

BACA JUGA: Ini Rekomendasi Rumah Makan Khas Sunda di Tasik, Kuliner Lengkap Harga Pas, Yuk Wisata Kuliner

Per April 2024, pengerjaan 10 TIP Tol Pekanbaru - Dumai telah mencapai 90,9% pada jalur kendaraan dan pekerjaan arsitektur dengan desain yang mengadaptasi nuansa corak atap Selembayung.

Kemudian pada Jalan Tol Binjai - Pangkalan Brandan, HKI tengah mengerjakan penyelesaian 2 TIP yang kini progresnya telah mencapai 97,6%.

Pembangunan dua TIP ini diperkirakan akan rampung pada akhir Mei 2024. Rest area ini memuat kebudayaan lokal dengan ornamen fasad corak khas Melayu.

TIP ini nantinya diharapkan menjadi sarana edukasi budaya sekaligus tempat berinteraksi antara pengguna tol dan tenant UMKM di Sumatra Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: