Info Haji 2024: Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Makkah, Dapat Smart Card dari Pemerintah Arab Saudi

Info Haji 2024: Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Makkah, Dapat Smart Card dari Pemerintah Arab Saudi

Jemaah haji Indonesia 2024 tiba di Makkah dari Madinah, Senin 20 Mei 2024. Foto: Media Center Haji--

Jemaah Haji Indonesia Diberikan Smart Card

Harus diketahui juga bahwa para jemaah juga diberikan smart card. Salah satu jemaah menjadi perwakilan untuk acara serah terima smart card. Kartu tersebut dikalungkan kepada jemaah tersebut.

BACA JUGA: Hadapi Cuti Bersama Waisak 2024, Simak 5 Ide Kegiatan Akhir Pekan Ramah Tanggal Tua

BACA JUGA: Bagaimana Peran Seorang Ibu Terhadap Anak Laki-laki? Begini Penjelasannya Berdasarkan Tinjauan Parenting

Smart Card berbentuk kartu elektronik yang dikeluarkan secara resmi oleh Kerajaan Arab Saudi. 

Kartu ini untuk memudahkan jemaah dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan haji, seperti lokasi-lokasi pelaksanaan haji di Tanah Suci.

Terpenting, smart card ini merupakan akses masuk ke Arafah. Sehingga kartu tersebut harus selalu dibawa oleh jemaah dan jangan sampai hilang.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Khalilurrahman menyampaikan, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyiapkan seluruh fasilitas maksimal bagi jemaah. 

"Kami ingin jemaah dapat aman dan nyaman selama beribadah di Kota Makkah. Di pemondokan, ada petugas-petugas yang siap melayani jemaah. Silakan menghubungi petugas bila perlu bantuan," ungkap Khalil.

Upaya memberikan kenyamanan ibadah juga dilakukan dengan pemberian smartcard yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi. 

"Seluruh jemaah haji Indonesia akan kita bagikan smartcard ini saat tiba di Makkah. Jangan sampai hilang, karena kartu ini menjadi penanda agar jemaah dapat masuk ke Arafah nanti," tutur Khalil.

"Hanya mereka yang memiliki kartu ini yang berhak masuk Arafah," sambungnya.

Para jemaah akan beristirahat terlebih dahulu, minimal selama empat jam. Setelah itu mereka akan berangkat ke Masjidil Haram untuk melaksanakan umrah.

Kloter JKG-01 merupakan jemaah haji yang pertama kali tiba di Madinah pada 12 Mei 2024. Saat itu, ada 393 orang. Namun, dalam keberangkatan ke Makkah ini, ada satu jemaah yang sakit dan dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Jemaah tersebut akan diberangkatkan kemudian.

Selain JKG-01, hari ini tujuh kloter lain yang akan diberangkatkan ke Makkah, yaitu: JKG-02, JKS-01, JKS-02, BTH-01, dan PLM-01 yang diberangkatkan pada jam 14.00 WAS. Sementara SUB-01 dan UPG-01 akan diberangkatkan pada pada jam 17.00 WAS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: