Forum Majelis Taklim Punya Andil Penting Membangun Kota Tasikmalaya, ini Perannya

Forum Majelis Taklim Punya Andil Penting Membangun Kota Tasikmalaya, ini Perannya

Pengurus Forum Majelis Taklim Kota Tasikmalaya difoto bersama Sekda Ivan Dicksan usai kegiatan halal bihalal di Gedung Dakwah, Minggu 12 Mei 2024. rezza rizaldi / radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Forum Majelis Taklim (Format) memiliki peran penting dalam membangun Kota Tasikmalaya. Hal itu diungkapkan Pembina Format, Agus Wahyudin

"Majelis kita satu barisan karena ada kekuatan spirit sama," ujar Agus yang ditemui saat menghadiri Halal Bihalal Format di Gedung Dakwah, Minggu 12 Mei 2024.

"Forum ini sedang berjihad menjaga akidah ahlussunnah wal jamaah di Kota Tasikmalaya, di tengah begal akidah," sambungnya.

Terang dia, sekarang ini Format jadi bagian penting. Pihaknya simpulkan tugas Format ini di tengah ketidaksiapan dan kekurangan pokoknya siap menjadi wadah penjaga aqidah ahlussunnah wal jamaah berisi kyai, ustadz dan ajengan. 

BACA JUGA:Badruzzaman Blusukan di Car Free Day Cilembang Kota Tasikmalaya, ini Tujuannya

"Karena bagi pemerintah eksistensi Format ini jadi cikal bakal program SDM unggul di Kota Tasikmalaya pada 2045. Rencana pembangunan jangka panjang tuntas 2025," terangnya.

Targetnya, tegas Agus, menjadi kota industri termaju di Jawa Barat. "Kita sekarang sedang menyusun kembali RPJPD sampai 2045, dimana prediksi penduduk di angka 1 juta. Artinya kota kita sudah menjadi metropolitan megapolitan," tegasnya.

Maka untuk menghadapi itu harus sudah simpan pondasi dan barisan dalam rangka mencerdaskan SDM guna mendorong spiritualitas masyarakat lewat forum ini. 

"Kami berterimakasih rengrengan pengurus selama ini sudah aktif. Forum ini aset kota. Tidak ada masyarakat tak lahir dari perut majelis taklim. Ini masih dipromosikan sebagai bentuk pendidikan tradisional," bebernya.

BACA JUGA:Petugas Gabungan Kota Banjar Amankan Puluhan Botol Miras di Sebuah Bangunan Warung

Forum ini semoga diubah jadi gaya kekinian, bahwa majelis melek internet, IT dan lainnya. Kuncinya harus satu barisan, satu kekuatan memperkuat eksistensinya.

"Terpenting forum harus menggelorakan semangat menjaga akidah dibtengah gempuran akidah luar. Akidah Islam yang relevan dengan perkembangan masyarakat dan budaya kota. Muncul harmonisasi rakyat dan pemerintah, forum jadi penyangga utama lahirnya pemerintahan yang bagus, dinamis serta inovatif," tambah Agus.

Ketua Format Kota Tasikmalaya Oping Muksin SPdI menuturkan, pertemuan ini adalah rutinitas momen idul Fitri Halal Bihalal pengurus. Pihaknya mewadahi majelis yang ada di kota Tasikmalaya, jumlahnya 3 ribu lebih dan dirangkul untuk bersatu di forum ini. 

"Melalui wadah ini kita berjuang bersama membantu visi pemerintah. Selama ini masih banyak majelis yang berceceran belum terkoordinasi, ya kita berjuang mewadahi mereka. Wadah sudah ada kita satukan kesamaan tekad dan perjuangan dalam fondasi masyarakat," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: