Cuaca di Makkah Bisa Mencapai 50 Derajat, Menag Sarankan Ini Bagi Jemaah Haji Indonesia

Cuaca di Makkah Bisa Mencapai 50 Derajat, Menag Sarankan Ini Bagi Jemaah Haji Indonesia

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan cuca di Makkah bisa mencapai 50 derajat Celcius pada puncak haji nanti.-Kemenag-

MAKKAH, RADARTASIK.COM – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengecek kesiapan layanan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi pada Selasa 7 Mei 2024.

Saat itu Gus Menteri —sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas— mengecek kesiapan hotel, bus hingga dapur katering jemaah haji di Makkah.

Pada kesempatan itu, menyampaikan saat ini cuaca di Tanah Suci sangat panas. Bahkan, cuaca di Makkah bisa mencapai 50 derajat ketika puncak haji nanti.

Dia menegaskan cuaca sangat panas. Hari Selasa 7 Mei 2024, cuaca mencapai 40 derajat Celcius. ”Ini belum puncak,” kata Gus Menteri dalam keterangannya di laman resmi Kemenag.

BACA JUGA: Jika Status Kepesertaan JKN Nonaktif, Ini Risiko yang Akan Muncul

BACA JUGA: Pilkada 2024 Kabupaten Tasikmalaya, Gerindra Akan Umumkan Dua Partai yang Akan Berkoalisi, Siapa ya?

Beberapa hari lalu, menurut dia, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan suhu di Arab Saudi pada puncak haji bisa mencapai 48 hingga 50 derajat.

Karena itu, Yaqut mengimbau kepada jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik.

Dia mengingatkan bahwa ibadah haji merupakan ibadah fisik. Karena itu jemaah haji diimbau untuk cukup istirahat menjelang keberangkatan ke Arab Saudi.

”Saya minta jemaah haji menyiapkan fisik sebaik-baiknya. Haji ini ibadah fisik. Siapkan fisik terbaik. Jangan terlalu diforsir. Makan makanan bergizi, vitamin. Ini akan membantu jemaah dalam menjaga stamina,” pesan Gus Men, panggilan akrabnya.

BACA JUGA: Tiket Kereta Libur Long Weekend Hampir Habis, KAI Operasikan KA Tambahan ke 7 Daerah, Catat Jadwalnya

BACA JUGA: Situ Gede Kota Tasikmalaya Diterjang Banjir, Banyak Korban Berjatuhan, Semua hanya Simulasi Water Rescue

Namun, Menag meminta jemaah tidak risau. Karena, Kemenag dengan Kemenkes sudah menyiapkan petugas yang akan terus melayani jemaah 24 jam.

Dia meminta jemaah tidak ragu menyampaikan apa pun kepada para petugas agar bisa membantu kelancaran jemaah dalam melaksanakan rangkaian haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: