Rombongan Menteri Agama Terbang ke Tanah Suci, Mengecek Persiapan Akhir Layanan Haji 2024

Rombongan Menteri Agama Terbang ke Tanah Suci, Mengecek Persiapan Akhir Layanan Haji 2024

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berangkat ke Tanah Suci Selasa 7 Mei 2024 dini hari untuk mengecek persiapan akhir layanan di Tanah Suci. Foto: kemenag--

JAKARTA, RADARTASIK.COM — Menag akan mengecek persiapan akhir layanan haji di Tanah Suci jelang keberangkatan jemaah haji, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berangkat ke Tanah Suci Selasa 7 Mei 2024 dini hari dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

Menteri Agama akan berada di Tanah Suci selama empat hari.

Rombongan Menag akan kembali ke Tanah Air pada 11 Mei 2024. 

BACA JUGA: Gerakan Senyap PAN Menjaring Pasangan Yusuf untuk Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, Sudah Ada 7 Nama

Bersama Menag, ikut juga Staf Khusus Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo dan Staf Khusus Menag Bidang Hukum Abdul Qodir.

Seperti diketahui bahwa Indonesia mendapat 241.000 kuota untuk 2024. 

Terdiri atas 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus. 

Secara bertahap jemaah haji reguler mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. Proses pemberangkatan ini akan berlangsung hingga 10 Juni 2024.

BACA JUGA: Jelang Seleksi CASN Tahun 2024, Kemenag Gelar Uji Publik Hasil Pemutakhiran Data Honorer

“Saya berangkat ke Saudi untuk melihat persiapan akhir layanan bagi jemaah haji Indonesia. Pengecekan akan saya lakukan baik di Makkah, Madinah, termasuk persiapan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” kata Menag di Jakarta, Senin 6 Mei 2024.

“Kita juga akan melakukan pertemuan dengan pihak Masyariq di Jeddah, untuk meng-update sejumlah persiapan layanan yang penyediaannya menjadi tanggung jawab mereka. Kita juga akan bahas sejumlah langkah mitigasi untuk memastikan layanan berjalan lancar dan kejadian tahun lalu tidak terulang,” sebut Menag.

“Baik di Makkah maupun Madinah, kita akan cek kesiapan hotel dan konsumsi jemaah. Kita juga akan melihat kesiapan terminal bus shalawat di Makkah, baik di Syib Amir maupun Ajyad,” sambungnya.

Sebelum jemaah haji tiba di Arab Saudi, Kementerian Agama akan memberangkatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenag