Catat, Ini Cara Menghilangkan Gas Beracun Mematikan dari Dalam Sumur dengan Benda di Sekeliling Kamu

Catat, Ini Cara Menghilangkan Gas Beracun Mematikan dari Dalam Sumur dengan Benda di Sekeliling Kamu

Tim SAR gabungan mengevakuasi korban gas beracun dalam sumur mematikan di Cibalong Kabupaten Tasikmalaya, Selasa 26 Maret 2024. Begini cara menghilangkan gas beracun dari dalam sumur. Foto: ist--

Atau bisa juga dengan memasukkan kipas angin ke dalam sumur dan menyalakannya dari dalam sumur, sehingga udara di sumur naik ke atas atau berganti. 

"Bisa juga untuk menghilangkannya dengan cara menyemprotkan air kedalam sumur, biasanya seperti itu," kata Jembar menjelaskan.

BACA JUGA: Ini Komentar Bojan Hodak Usai Persib Ditahan Imbang Bhayangkara FC, Termasuk soal Debut Adzikry

BACA JUGA: Terlahir Kembali Bersama De Rossi, Leandro Paredes: Pelatih Memberi Saya Banyak Ide

Cara Mengetahui Sumur Mengandung Gas Beracun Mematikan

Sementara itu Aada beberapa cara mengetahui dan mengatasi sebelum masuk ke dalam sumur yang mengandung gas beracun tersebut.

Langkah pertama yakni mengecek lubang sumur dengan nyala api yang dinyalakan menggunakan lilin, jika padam berarti sumur tersebut mengandung gas beracun. 

Langkah kedua yaitu bisa juga menggunakan binatang untuk mengetahui ada tidaknya gas beracun dengan cara mengikat binatang, seperti ayam dengan dimasukan kedalam sumur ke dalam sumur sampai ke dasar tapi jangan sampai masuk ke air jika ayam itu mati maka sudah pasti ada gas beracun.

Meninggalnya 2 warga Tasikmalaya dalam sumur beracun di Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa 26 Maret 2024 jadi pelajaran berharga agar senantiasa waspada dan hati-hati.

Demikian dikatakan Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetia kepada radartasik.com, Rabu 27 Maret 2024.

Warga Tasikmalaya agar berhati-hati saat akan mengaktifkan sumur lama yang tertutup karena kemungkinan bisa mengandung gas beracun.

"Itu harus menjadi pembelajaran bagi yang lainnya," kata Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetia.

Menurut Jembar Adisetia, ada beberapa cara mengetahui sumur terdapat gas beracun. 

Penggali sumur atau warga yang akan memperbaiki sumur harus melakukan beberapa Langkah sebelum turun ke dalam sumur. 

"Gas beracun seringkali keluar dari sumur konvensional. Terutama sumur yang tertutup rapat dalam waktu yang lama,” imbau Jembar Adisetia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: