Simak Kategori Prioritas Penerima PIP Kemdikbudristek, Ada Kaitannya dengan DTKS Kemensos RI, Ini Cara Ceknya!

Simak Kategori Prioritas Penerima PIP Kemdikbudristek, Ada Kaitannya dengan DTKS Kemensos RI, Ini Cara Ceknya!

Simak kategori prioritas penerima PIP Kemdikbudristek, ada kaitannya dengan DTKS Kemensos.-Puslapdik Kemdikbudristek-

Simak Kategori Prioritas Penerima PIP Kemdikbudristek, Ada Kaitannya dengan DTKS Kemensos RI, Ini Cara Ceknya!

RADARTASIK.COM - Puslapdik Kemdikbudristek melalui akun Instagram resminya menyampaikan prioritas penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbudristek.

Berdasarkan informasi yang disampaikan bahwa kategori prioritas penerima PIP adalah peserta didik yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI.

Dengan demikian, DTKS Kemensos RI menjadi salah satu acuan Puslapdik Kemdikbudristek untuk menyalurkan bantuan pendidikan PIP kepada peserta didik.

BACA JUGA: Impallomeni: Kasus Acerby Secara Hukum Sudah Jelas, Dari Segi Moral Masih Ada Pertanyaan yang Harus Dijawab

Namun, prioritas penerima PIP tersebut tidak langsung mendapatkan bantuan pendidikan, tapi ada beberapa mekanisme pemadanan yang akan dilewati.

Mengutip akun Instagram Puslapdik Kemdikbudristek, berikut ini mekanisme pemadanan bantuan pendidikan PIP pagi peserta didik yang tercatat pada DTKS Kemensos RI.

Mekanisme pertama, semua data peserta didik di Dapodik Kemdikbudristek akan dipadankan dengan anak-anak dari keluarga miskin ataupun rentan miskin yang telah tercatat pada DTKS Kemensos RI.

Untuk diketahui, DTKS merupakan data yang menyajikan penerima bantuan sosial sekaligus acuan Kemensos RI dalam menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat.

BACA JUGA: Sembelit Saat Puasa, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Bisa Anda Coba

Pemadanan data peserta didik di Dapodik dengan DTKS ini menjadi step pertama sebelum pemerintah menyalurkan bantuan pendidikan PIP.

Mekanisme kedua, hasil pemadanan tersebut akan divalidasi kembali sesuai dengan kelengkapan data, kevalidan Nomor Induk Kependudukan (NIK), serta kelogisan semua data dan status rekening Simpanan Pelajar.

Apabila semua mekanisme pemadanan telah logis dan sesuai, maka peserta didik tersebut masuk kategori prioritas penerima PIP Kemdikbudristek.

Namun pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui status keluarga penerima bantuan sosial Kemensos RI?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: