Puasa Ramadhan di Alaska Tantangannya Bukan Main-Main, Saat Musim Panas Siang Hari Bisa Sampai 22 Jam

Puasa Ramadhan di Alaska Tantangannya Bukan Main-Main, Saat Musim Panas Siang Hari Bisa Sampai 22 Jam

Tantangan puasa Ramadhan di Alaska. Foto: freepik/reka foto--

Karena itu sebagai upaya untuk mengatasi dilema tersebut, pada tahun 2010 Fiqh Council of North America (Dewan Fiqih Amerika Utara) memberikan keputusan atau semacam fatwa yang sifatnya tidak mengikat bagi umat muslim yang menjalankan puasa Ramadhan di Alaska agar mengikuti durasi waktu puasa di Mekkah.  

Dengan begitu jika di Mekkah waktu puasa itu durasinya 14 jam, maka menjalankan puasa Ramadhan di Alaska pun lamanya 14 jam.

BACA JUGA: Paten, Persib Setia dengan Formasi 4-2-3-1, Gas Pol dengan Kekuatan 7 Pemain Berdarah Eropa dan Brasil

BACA JUGA: AC Milan Tumbang di Kandang Monza 4-2, Matteo Gabbia: Menyakitkan Kalah Seperti Ini

Keputusan dari Dewan Fiqih ini bertujuan untuk menciptakan stabilitas waktu mengenai kapan umat muslim Alaska berpuasa dan kapan mereka berbuka.

Dengan merujuk pada keputusan tersebut, tentu saja ada konsekuensi logis yang mesti diambil saat menjalankan puasa ramadhan di Alaska.

Pertama, ketika puasa ramadhan di Alaska jatuh pada musim panas, maka umat islam di sana akan berbuka saat matahari masih terbit.

Kedua, apabila puasa Ramadhan di Alaska jatuh pada musim dingin, maka setiap muslim akan tetap berpuasa meskipun hari sudah malam.

Terlepas dari tantangan fisik yang ditimbulkan oleh siang yang panjang atau malam yang panjang, bagi yang menjalankan puasa Ramadhan di Alaska kondisi itu bisa dipandang sebagai kesempatan untuk memperkuat keimanan dan disiplin spiritual mereka. 

Puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari berfungsi sebagai pengingat akan pentingnya pengendalian diri, rasa syukur, dan empati terhadap mereka yang kurang beruntung.

Sebagai informasi, populasi muslim di sama mungkin lebih kecil dibandingkan dengan wilayah lain, karena itu menjalankan ibadah Ramadhan di Alaska dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan persahabatan di antara sesama muslim khususnya. 

Iklim yang ekstrem di sana menjadi metafora atas tantangan dan manfaat menjalankan puasa Ramadhan di Alaska.

Sebagaimana alam liar menguji ketahanan fisik seseorang, menjalankan puasa Ramadhan di Alaska menguji ketahanan spiritual dan komitmen terhadap iman.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa puasa selama Ramadhan di Alaska menghadirkan serangkaian tantangan yang berbeda dengan yang dihadapi di negara lain, terutama Indonesia. 

Namun, pengalaman menjalankan puasa Ramadhan di Alaska memberikan hikmah tersendiri yaitu melatih diri dalam  kehidupan spiritual, ikatan komunitas, dan refleksi tentang esensi sejati bulan suci ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: