PMB PTKIN 2024 Dibuka, Ketahui Daya Tampung SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN Tahun 2024, Camaba Simak!

PMB PTKIN 2024 Dibuka, Ketahui Daya Tampung SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN Tahun 2024, Camaba Simak!

PMB PTKIN 2024 dibuka, ketahui daya tampung SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN tahun 2024, camaba simak!-Suryadi/radartasik.disway.id-

PMB PTKIN 2024 Dibuka, Ketahui Daya Tampung SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN Tahun 2024, Camaba Simak!

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) 2024 telah dibuka pada 22 Januari 2024.

Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani menyampaikan seleksi PMB PTKIN 2024 mengusung tema ''Start To Be Smart''. 

M. Ali Ramdhani berharap pada pelaksanaan PMB PTKIN 2024 seluruh PTKIN yang tersebar di wilayah Indonesia dapat bersinergi dan saling mendukung untuk menjaring calon mahasiswa baru terbaik.

Sementara itu, Ketua Panitia PMB PTKIN Nyayu Khodijah menyampaikan bahwa terdapat tiga jalur pada PMB PTKIN 2024 yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional PTKIN (SPAN-PTKIN), Ujian Mandiri PTKIN (UM-PTKIN), dan Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh PTKIN masing-masing.

BACA JUGA:Cek Rekening Bansos PKH dan BPNT 2024, Ini 5 Tahap Selanjutnya yang Bisa Anda Lakukan

"Informasi seputar SPAN-PTKIN dapat diakses melalui laman resmi https://span.ptkin.ac.id/page," ujarnya.

Sementara itu, jalur UM-PTKIN rencananya akan dibuka pada tanggal 6 Mei 2024 mendatang. Informasi lengkap untuk UM-PTKIN dapat diakses melalui website resmi https://um.ptkin.ac.id/.

Daya tampung UM-PTKIN dan SPAN-PTKIN pada PMB PTKIN 2024

Pelaksanaan PMB PTKIN dilaksanakan secara serentak di 58 PTKIN dan 1 perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Cara Persib Rekrut Pemain Dulu Unik, Tanpa Agen Pemain, Tim Pelatih Blusukan Hingga Dapat Robby Darwis

Menariknya, terdapat 1301 program studi (prodi) dengan rincian daya tampung sebanyak 65.574 calon mahasiswa baru untuk jalur SPAN-PTKIN. Sementara itu, kuota formasi UM-PTKIN yaitu sebanyak 85.692 calon mahasiswa baru.

"Selain jalur SPAN-PTKIN DAN UM-PTKIN, calon mahasiswa baru (camaba) juga dapat mendaftar PMB secara mandiri di masing-masing PTKIN," tuturnya.

Jadwal pelaksanaan SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN tahun 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenag