Pengumuman, Kemenag Akan Integrasikan PMB PTKIN dengan Beasiswa Indonesia Bangkit, Camaba Simak ya!

Pengumuman, Kemenag Akan Integrasikan PMB PTKIN dengan Beasiswa Indonesia Bangkit, Camaba Simak ya!

Pengumuman, Kemenag akan integrasikan PMB PTKIN dengan Beasiswa Indonesia Bangkit, camaba simak ya!-Suryadi/radartasik.disway.id-

Pengumuman, Kemenag Akan Integrasikan PMB PTKIN dengan Beasiswa Indonesia Bangkit, Camaba Simak ya!

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan mengintegrasikan proses Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) dengan Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB).

Informasi terkait pengintegrasian PMB PTKIN dengan BIB dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Panitia PMB PTKIN tahun 2024, Nyayu Khodijah.

Nyayu Khodijah menyampaikan proses seleksi dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) akan menjadi tes awal dari proses pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit.

"Kami (Kemenag) akan mengintegrasikan proses PMB PTKIN ini dengan BIB dari LPDP Kemenkeu," jelasnya di Jakarta, Jumat 19 Januari 2023 lalu.

BACA JUGA:Selain PKH dan BPNT, Ada 1 Bansos Lagi yang Sudah Bisa Diterima Manfaatnya Per Januari 2024

Lebih lanjut, Nyayu Khodijah mengatakan calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik terbaik pada PMB PTKIN akan didukung dengan Beasiswa Indonesia Bangkit.

Kata Nyayu, pengintegrasian PMB PTKIN dengan beasiswa dari Kementerian Keuangan tersebut merupakan arahan dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Nyayu Khodijah menyampaikan bahwa Menag Yaqut meminta proses PMB PTKIN tahun 2024 dapat berjalan dengan maksimal, utamanya dimulai dari input agar outputnya berkualitas.

Nyayu Khodijah menuturkan Panitia PMB PTKIN akan melakukan koordinasi dengan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi.

BACA JUGA:Buka Akses Permodalan, BRI Angkat Potensi Perempuan Lewat Holding Ultra Mikro di WEF 2024

Menurutnya, koordinasi dilakukan untuk meminta Kanwil Kemenag berperan aktif dalam memaksimalkan output terbaik dari madrasah untuk masuk ke PTKIN.

Selanjutnya, Nyayu Khodijah juga menyampaikan kabar gembira bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi. Siswa berprestasi lulusan MA sederajat berkesempatan untuk mendapatkan tiket emas pada saat masuk ke PTKIN.

Adapun tiket emas yang bisa didapatkan calon mahasiswa baru berprestasi di antaranya bisa masuk PTKIN tanpa tes, uang kuliah tunggal (UKT) yang rendah, hingga berkesempatan mendapatkan BIB atau beasiswa lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: