Tahun Lalu Pencari Kerja dari Ciamis Capai 9.766 Orang, Kini???

Tahun Lalu Pencari Kerja dari Ciamis Capai 9.766 Orang, Kini???

Pencari kerja asal Kabupaten Ciamis sedang membuat AK 1 di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Selasa 16 Januari 2024. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

Tahun Lalu Pencari Kerja dari Ciamis Capai 9.766 Orang, Kini???

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis mencatat selama tahun 2023 pencarian kerja yang membuat Kartu Pencari Kerja (AK 1) ada sebanyak 9.766 orang. Dengan rincian laki-laki 5.173 orang dan perempuan 4.593 orang yang membuat AK 1

Sedang untuk tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Ciamis turun, sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis pada tahun 2021 ada 5,06 persen, tahun 2022 ada 3,75 persen, tahun 2023 ada 3,52 persen. 

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnaker Kabupaten Ciamis, Tedy Tresadi SE MM kepada Radar Tasikmalaya, Selasa 16 Januari 2024. 

BACA JUGA:Asisten Jose Mourinho Hampir Menangis Mendengar Kabar Pemecatan dari Pemilik Klub

Lanjut Tedy, dalam pemohon pembuatan AK 1 para pencari kerja dari Kabupaten Ciamis umumnya mencari pekerjaan ke Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Bandung dan Majalengka. 

Kalau pencari kerja untuk di Kabupaten Ciamis hanya sedikit, seperti Rumah Sakit Dadi Keluarga, RSOP, Mi Gacoan, dan PT Albasi. 

" Para pencari kerja umumnya keluar Kabupaten Ciamis, karena ingin mendapatkan gaji besar dan pengalaman. Sedangkan memilih mencari kerja di Ciamis ingin dekat keluarga,"katanya.

Para pencari kerja yang membuat AK 1, terang dia, ada yang fresh graduate dan pengalaman. 

BACA JUGA:Dengan 5 Spek Gahar Sharp AQUOS Sense8 Dihargai Rp 5.999.000

Khususnya yang belum memiliki keterampilan bekerja seperti lulusan SMA atau masyarakat umum lainnya, Disnaker Kabupaten Ciamis memberikan pelatihan mulai dari menjahit, tata boga, teknik las, otomotif, komputer, dan lain-lain. 

"Untuk yang membuat AK 1 ini usia 18-29 tahunan atau kebanyakan yang fresh graduate," terangnya.

Dia menambahkan, dalam memudahkan para pencari kerja di Kabupaten Ciamis yang butuh memiliki AK 1, pihaknya sudah membuka layanan secara online. Dengan menggunakan aplikasi sistem informasi tenaga kerja Ciamis (Sitaci). 

"Bagi pencari kerja yang mau buat AK 1 tidak usah jauh-jauh datang ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis. Kini buat AK 1 bisa di mana saja dengan menggunakan aplikasi Sitaci," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: