Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Waspadai Penyebaran Cacar Monyet, RSUD SMC Siapkan Ruang Isolasi

Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Waspadai Penyebaran Cacar Monyet, RSUD SMC Siapkan Ruang Isolasi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Heru Suharto. Istimewa--

Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Waspadai Penyebaran Cacar Monyet, RSUD SMC Siapkan Ruang Isolasi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Munculnya penyakit cacar monyet di beberapa daerah membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya meningkatan kewaspadaannya.

Meski hingga saat ini belum ditemukan adanya indikasi kasus cacar monyet, upaya antisipasi tetap perlu dilakukan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Heru Suharto mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menemukan kasus cacar monyet. 

BACA JUGA:Nokia 11 Pro 5G Bodi Tipis Tapi Elegan, Layar Panel Super AMOLED

Maka pihaknya saat ini lebih menekankan kepada pencegahan cacar monyet agar tak menjangkiti warga Kabupaten Tasikmalaya.

"Belum ada, sejauh ini di kita belum ditemukan adanya kasus cacar monyet di Kabupaten Tasikmalaya," paparnya kepada wartawan, Minggu 26 November 2023.

Namun sebagai langkah antisipasi, Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat melalui kader Posyandu dan Puskesmas. 

Langkah antisipasi yang dilakukan ini diantarnya dengan terus menerus mensosialisasikan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

BACA JUGA:STNK dan BPKB Motor Listrik Polytron Fox-R Tak Perlu Urus Sendiri

"Sosialisasi dilakukan oleh Puskesmas dan kader posyandu yang ada di lapangan. Jadi kita menekankan dan mensosialisasikan tentang PHBS kepada masyarakat," terangnya.

Sementara itu, langkah antisipasi juga diambil Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Singaparna Medica Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya guna menghadapi penyakit cacar monyet.

Kasi Pelayanan RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, Sudaryan menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan langkah dan persiapan untuk mengantisipasi adanya penyakit cacar monyet. Diantaranya menyiapkan ruang isolasi.

Di ruang isolasi tersebut, setidaknya akan ada 30 tempat tidur untuk khusus perawatan pasien kasus cacar monyet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: