Kabupaten Tasikmalaya Diterjang Bencana Alam, 17 Titik Kejadian saat Awal Musim Hujan

Kabupaten Tasikmalaya Diterjang Bencana Alam, 17 Titik Kejadian saat Awal Musim Hujan

Bencana alam pergeseran tanah di Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya setelah terjadi hujan deras, Senin 6 November 2023. istimewa--

Kabupaten Tasikmalaya Diterjang Bencana Alam, 17 Titik Kejadian saat Awal Musim Hujan 

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Hujan yang terjadi beberapa hari ini setelah musim kemarau panjang, mengakibatkan bencana alam di 17 titik wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Dari 17 titik itu ada bencana longsor, rumah roboh dan pohon tumbang

Bencana tanah longsor setidaknya terjadi di Kecamatan Parungponteng yang meliputi Desa Karyabakti, Cibungur, Burujuljaya, Barumekar, Cibanteng dan Cigunung. 

Longsor juga terjadi di Kecamatan Sodonghilir, tepatnya di Desa Parumasan dan Kecamatan Sariwangi, tepatnya di Desa Selawangi. 

BACA JUGA:Ini Alasan 10 Pejabat Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Dirotasi Mutasi Bupati Ade Sugianto

"Longsor di tiga Kecamatan itu menyebabkan akses jalan dan irigasi rusak," ujar Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya, Selasa 7 November 2023. 

Bencana alam lainnya, terang dia, yakni rumah roboh. Bencana ini terjadi di Kecamatan Pagerageung tepatnya Desa Nanggewer, Kecamatan Sukarame di Desa Sukarapih dan Kecamatan Cibalong, Desa Cibalong. Di Lokasi tersebut, dua rumah rusak sedang dan satu rumah rusak berat.

Bencana lainnyabyakni pohon tumbang terjadi di Kecamatan Cigalontang, tepatnya di Desa Tanjungkarang dan di Kecamatan Sukaratu, Desa Sukamahi.

"Di Lokasi ini rumah rusak berat sebanyak tiga rumah. Rusak karena tertimpa pohon," terang dia.

BACA JUGA:Bojan Hodak Buka Suara soal Transfer Pemain Persib, Singgung-Singgung Nama Daisuke Sato, Ini Tanda Apa?

Sesuai prediksi, saat ini mulai masuk musim penghujan, dengan kondisi tanah yang belum stabil karena usai musim kemarau maka bencana longsor yang paling rawan. 

"Tetap waspada dengan bencana alam banjir dan longsor yang paling rawan," jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, peralihan musim kemarau ke hujan mulai mengakibatkan bencana alam di beberapa titik. Mulai dari tanah longsor, pohon tumbang dan rumah roboh terjadi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Senin 6 November 2023.

Ketua PK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetia mengatakan, hujan deras turun beberapa hari ini setelah kemarau mengakibatkan berbagai bencana alam terjadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: