Proyek Bersejarah, PLTS Groundmounted Terbesar di Indonesia Dibangun di Purwakarta

Proyek Bersejarah, PLTS Groundmounted Terbesar di Indonesia Dibangun di Purwakarta

Proyek bersejarah, PLN bangun PLTS groundmounted terbesar di Indonesia di Purwakarta.-PT PLN-

Proyek Bersejarah, PLTS Groundmounted Terbesar di Indonesia Dibangun di Purwakarta

PURWAKARTA, RADARTASIK.COMPT PLN mulai membangun PLTS groundmounted terbesar di Indonesia.

PLTS groundmounted terbesar di Indonesia dibangun melalui anak usaha PLN yakni PLN Batam berkolaborasi bersama PT Aruna Cahaya Pratama (Aruna PV).

Pembangkit listrik tenaga surya alias PLTS terbesar di atas tanah ini dibangun di Kawasan Industri Kota Bukit Indah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

BACA JUGA: Syarat dan Cara Dapatkan Suvenir Luxury Eksklusif Gratis dari KAI

Permulaan proyek PLTS berkapasitas 100 MWp (Megawatt peak) itu ditandai dengan seremoni groundbreaking pada Jumat 27 Oktober 2023.

Kerja sama PLN Batam dengan Aruna PV merupakan wujud kolaborasi PLN bersama dengan pihak swasta untuk mendukung upaya mengurangi emisi karbon sekaligus meningkatkan daya saing industri.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu menyatakan proyek PLTS groundmounted merupakan wujud konkret sinergi antara pemerintah, BUMN dan swasta dalam mewujudkan penyediaan energi bersih.

Dia menegaskan acara ini merupakan sebuah tonggak bersejarah dan merupakan bukti nyata dari sinergi antara pemerintah, BUMN dan swasta dalam penyediaan tenaga listrik melalui energi terbarukan.

BACA JUGA: Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi 14 Pro, Smartphone Spek Dewa dengan Lensa Profesional Leica

Jisman mengapresiasi kolaborasi ini. Dia berharap proyek ini menjadi contoh untuk pengembangan energi baru terbarukan di tanah air.

“Kami dari pemerintah sangat mengapresiasi kolaborasi ini, semua punya peran, ini adalah contoh yang baik untuk project serupa di masa depan,” ujarnya dalam keterangan tertulis PLN.

Sementara Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan di tengah kondisi iklim yang sedang memanas, maka dibutuhkan upaya bersama-sama dalam tingkat global.

“Maka, kita punya misi bersama untuk menyelamatkan bumi tetapi di sisi lain juga tetap menjaga pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan pekerjaan dan menyejahterakan masyarakat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: