Pagelaran Wayang Golek Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur Memukau Masyarakat Ciamis

Pagelaran Wayang Golek Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur Memukau Masyarakat Ciamis

Suasana Wayang Golek Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur di Lapangan Desa Sukaraja, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Rabu 25 Oktober 2023 malam. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya --

Pagelaran Wayang Golek Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur Memukau Masyarakat Ciamis

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Wayang Golek Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur sukses menyedot perhatian ribuan warga Kabupaten Ciamis khususnya Desa Sukaraja, Kecamatan Sindangkasih. 

Pagelaran ini dibawakan Ki Dalang Yogaswara Sunandar yang merupakan putra Almarhum Abah Asep Sunandar Sunarya, dari Grup Wayang Golek Giriharja III Putra Bandung serta bintang tamu Ki Daus serta Ade Batak.

Acara tersebut dihelat di Lapangan Desa Sukaraja, Kecamatan Sindangkasih yang dihelat oleh Kelompok Sajajar (Sa-Jabar jeung Ganjar) yang berkolaborasi dengan Forum Milenial Galuh dan Karangtaruna Sindangkasih.  


Ribuan penonton memadati Lapangan Desa Sukaraja, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis menonton Wayang Golek Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur, Rabu 25 Oktober 2023 malam. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

Pagelaran Wayang Golek Kang Ganjar pada Rabu 25 Oktober 2023 malam itu berhasil memukau ribuan penonton dari berbagai kalangan. 

Grup Giriharja III yang telah lama menjadi ikon seni wayang golek, kerap membawakan pertunjukan yang memukau dengan cerita-cerita klasik yang tidak hanya menghibur. Tapi banyak menyiratkan pesan moral yang dapat menjadi inspirasi bagi penonton.  

Ketua Forum Pemuda Sindangkasih, Yogi Permadi mengatakan, pertunjukkan wayang golek ini terakhir kali hadir di Sindangkasih sekitar 25 tahun lalu.

Karenanya kehadiran Wayang Golek Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur ini, menjadi pertunjukkan yang mengobati kerinduan masyarakat pada hiburan seni Wayang Golek.

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Sporty Yamaha, Ini Spesifikasi dan Harga Yamaha All New Aerox 155 VVA Terbaru 2023

"Mudah-mudahan ini bisa mengobati dan merawat tradisi Sunda sering di masyarakat Kecamatan Sindangkasih, umumnya Kabupaten Ciamis," katanya yang juga anggota DPRD Kabupaten Ciamis Fraksi PDI Perjuangan ini.

Wayang golek Kang Ganjar ini bercerita tentang sosok pemimpin yang peduli terhadap nasib masyarakat miskin. 

Misalnya memiliki program unggulan saat menjadi Gubernur Jawa Tengah dengan membuat sekolah khusus anak-anak miskin dengan semua keperluannya digratiskan.

Keperluan anak-anak miskin yang digratiskan ini mulai dari buku, pakaian, biaya sekolah, makan, dan bahkan selesai sekolah bisa disalurkan bekerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: