Jika Saldo Sebegini, BCA Akan Tutup Rekening Secara Otomatis Mulai 1 November 2023

Jika Saldo Sebegini, BCA Akan Tutup Rekening Secara Otomatis Mulai 1 November 2023

Jika saldo sebegini, BCA akan tutup rekening secara otomatis mulai 1 November 2023.-Ilustrasi/BCA-

Jika Saldo Sebegini, BCA Akan Tutup Rekening Secara Otomatis Mulai 1 November 2023

RADARTASIK.COM – Bank Central Asia (BCA) resmi mengumumkan perubahan jangka waktu penutupan rekening secara otomatis.

Dalam kebijakan lama, BCA akan tutup rekening secara otomatis jika 18 bulan berturut-turut saldo 0 rupiah dan tidak ada transaksi.

Dalam kebijakan baru yang berlaku mulai 1 November 2023, BCA akan tutup rekening secara otomatis jika 12 bulan berturut-turut saldo 0 rupiah dan tidak ada transaksi.

BACA JUGA: 1.396 Jabatan Fungsional Guru Dibutuhkan untuk PPPK di Pemkab Garut, Cek Syarat Khususnya

Perubahan jangka waktu penutupan rekening secara otomatis berlaku untuk rekening Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tapres, TabunganKu, BCA Dollar termasuk Giro.

Khusus penutupan rekening Simpanan Pelajar secara otomatis oleh sistem akan dilakukan jika rekening pasif selama 12 bulan berturut-turut dan saldo kurang dari sama dengan Rp 5.000.

Nasabah tidak lagi bisa menggunakan rekening yang sudah tidak aktif atau ditutup secara permanen. Jadi, seluruh transaksi perbankan menggunakan rekening tersebut tidak dapat dilakukan oleh nasabah.

Transfer dana dari rekening bank mana pun tidak akan bisa masuk ke rekening yang sudah mati. Karena, transfer ke rekening yang sudah ditutup akan dibatalkan secara otomatis dan dananya dikembalikan ke rekening sumber dana.

BACA JUGA: Cara Pinjam Uang di Dana PayLater, Cair Sampai Rp 10 Juta Solusi Cepat untuk Kebutuhan Dana Darurat

Rekening Pastif/Dormant

Sebelum rekening ditutup secara otomatis oleh sistem, rekening akan terlebih dahulu menjadi rekening pasif alias dormant.

Rekening dinyatakan berstatus pasif saat tidak ada aktivitas perbankan, baik transaksi debit maupun kredit —di luar bunga, biaya administrasi dan pajak— selama 6 bulan berturut-turut.

Jenis-jenis rekening BCA yang bisa dinyatakan pasif antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: