Kabupaten Tasikmalaya Bagian Selatan Mulai Kesulitan Pasokan Air Bersih

Kabupaten Tasikmalaya Bagian Selatan Mulai Kesulitan Pasokan Air Bersih

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto. Istimewa--

Kabupaten Tasikmalaya Bagian Selatan Mulai Kesulitan Pasokan Air Bersih

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Musim kemarau yang dipicu oleh fenomena El Nino, telah menyebabkan beberapa daerah di wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya mulai mengalami kesulitan pasokan air bersih dan penurunan debit air.

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah menerima laporan mengenai kekurangan air bahkan kesulitan dalam memperoleh air bersih. 

"Penurunan debit air terutama terjadi di wilayah Tasikmalaya Selatan," ujarnya kepada radartasik.com, Rabu 23 Agustus 2023.

BACA JUGA:Bobotoh Senang, Persib Diperkuat Mantan Timnas Brasil Hadapi Rans Nusantara FC, Ini Kata Bojan Hodak

Walaupun pasokan air bersih sedang berkurang, situasi ini masih dapat ditangani dan upaya untuk memperoleh air bersih masih memungkinkan.

"Kami berharap tidak akan mencapai tingkat kekeringan yang parah, dan kami berharap hujan akan segera turun kembali," tambah Ade.

Kekeringan saat ini telah diantisipasi jauh-jauh hari dengan langkah-langkah seperti memasang pompa air di titik-titik tertentu yang selalu mengalami kekurangan air saat musim kemarau tiba. 

"Pompa-pompa tersebut bahkan telah dipasang sejak 3 tahun lalu," jelasnya.

BACA JUGA:Karena Kue, Anak di Tasikmalaya Ancam Bunuh Ibu Kandung Pakai Kapak

Kekeringan saat ini disebabkan oleh fenomena El Nino yang berdampak global. 

"Oleh karena itu, kami juga telah menyiapkan langkah-langkah darurat agar pasokan air dapat tersedia jika masyarakat memerlukan bantuan," sambung Ade.

Dalam menghadapi musim kemarau ini, Ade mengajak seluruh masyarakat, terutama di wilayah-wilayah yang terdampak, untuk lebih bijak dalam menggunakan air. 

"Saya mengimbau agar penggunaan air lebih bijaksana, hanya digunakan untuk kebutuhan yang benar-benar penting," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: