Lahan ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Cuma Disewa Rp60 Juta?

Lahan ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Cuma Disewa Rp60 Juta?

Batu Jasper Merah ‘harta karun’ dari Tasikmalaya yang banyak ditemukan di aliran sungai Ci Medang.-Foto: repro/tangkapnalayar/buku jasper merah-

BACA JUGA:Apa itu OVO Premier? Simak Juga Keuntungan Upgrade ke OVO Premier

Salah seorang penduduk pemilik lahan, dengan bongkahan batu-batu besar sebagai ‘harta karun’ dari Tasikmalaya, pada saat itu tidak mengetahui bila batu-batu yang ada di lahan miliknya memiliki nilai ekonomi tinggi dan berharga.

Pemilik lahan menyewakan lokasi tersebut hanya dengan uang Rp60 juta saja per tahun.

Namun batu-batu jasper merah, yang menjadi ‘harta karun’ dari Tasikmalaya diangkut dan ditambang ribuan ton untuk dikirim keluar negeri. 

Taman Jasper Ci Medang inilah kini menjdi ‘harta karun’ dari Tasikmalaya yang merupakan warisan dari laut kidul purba di selatan Tasikmalaya. 

BACA JUGA:AC Milan Tanpa Pemain Italia saat Melawat ke Kandang Bologna

Adanya laguna laut kidul saat itu, menghasilkan berbagai flora dan fauna juga berbagai terumbu karang yang disertai dengan semburan air panas dari pipa-pipa atau rekahan gunung api bawah laut. 

Dalam catatan tersebut juga diceritakan bila pada 5-15 juta tahun lalu, daerah Selatan Tasikmalaya merupakan taman firdaus yang indah tiada tara.

Di sekitar Karangnunggal, Pancatengah, Cipatujah sampai ke Cisasah merupakan daerah berbentuk laguna atau disebut dengan laut dangkal yang dikelilingi oleh gunung-gunung berapi.

Dengan lautnya yang dangkal serta hangatnya sinar matahari, membuat berbagai macam flora dan fauna tumbuh indah juga munculnya berbagai macam binatang tropis yang berada di bawah laut, yang kemudian pernah mencapai puncaknya membentuk sebuah kerajaan bawah laut.

BACA JUGA:Ratusan Orang di Kota Banjar Mengidap HIV/AIDS, KPAD Turun Tangan Lakukan Pencegahan!

Keindahan laut kidul ini diceritakan pula setara dengan keindahan The Great Barrier Reef yang berada di pantai timur Australia atau mirip dengan taman laut Bunaken di Manado.

Tidak heran juga bila di sekitaran daerah sungai Ci Medang ini pun saat ini tumbuh Queen of Fruit yang juga menjadi ‘harta karun’ dari Tasikmalaya.

‘Harta karun’ dari Tasikmalaya yang terkenal dengan berbagai khasiatnya ini pun memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Juga disukai oleh berbagai negara, tidak hanya di Asia saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: