Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter untuk Anak di Sekolah Dasar

Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter untuk Anak di Sekolah Dasar

Lilis Mulyatul Halimah, Mahasiswi S2 PGSD UPI Kampus Tasikmalaya-Foto: istimewa-

BACA JUGA:Asal Muasal Dendam Shishio ke Battousai si Pembantai Dipicu Hukum Bakar Hidup-Hidup oleh Pemerintah Meiji

Karena tujuan dari pendidikan karakter itu sendiri yaitu sesuai dengan nilai dan norma yang ada di Negara kita, bisa dikatakan pendidikan yang berkualitas jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.

Dalam penerapan pendidikan karakter bisa dilakukan dengan proses pembelajaran di kelas, keteladana peserta didik dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan di lingkungan sekolah.

Pembentukan karakter lingkungan juga sangat berpengaruh karena peserta didik memiliki karakter yang kuat sesuai dengan nilai dan norma yang ada di masyarakat sekitarnya, sehingga peserta didik akan mampu menghadapi era globalisasi tanpa terbawa arus negatif dari perkembangan jaman sekarang.

Sekolah merupakan tempat yang strategis untuk peserta didik untuk menanamkan pendidikan karakter sejak dini.

BACA JUGA:Daun Jambu Biji Bisa Mengatasi Jerawat dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Karena guru SD bukan hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja kepada peserta didik, namun guru SD juga harus menanamkan pendidikan karakter yang baik kepada peserta didiknya sebagai bekal kelak mereka besar nanti.

Dalam pembentukan karakter peserta didik dapat mengikuti pola tertentu diantaranya pola prilaku yang teratur, disiplin, dan baku atau sesuai dengan standar yang diterapkan oleh guru.

Artinya berbagai jenis dan pola perilaku tersebut dapat di kembangkan melalui penjadwalan secara terus menerus hingga perilaku yang diharapkan melekat pada peserta didik secara baik dan menjadi perilaku yang positif.

Sehingga apa yang diharapkan sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter di sekolah akan tercapai.

Penulis: Lilis Mulyatul Halimah, Mahasiswi S2 PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: