Petualangan ke Kampung Dumaring, Menyingkap Kekayaan Budaya dan Alam di Ujung Timur Indonesia (1)

Petualangan ke Kampung Dumaring, Menyingkap Kekayaan Budaya dan Alam di Ujung Timur Indonesia (1)

Tim Ekspedisi Kampung Dumaring Soni Herdiawan, Tiko Heryanto, dan Sandy AW bersiap menyeberang menaiki perahu ketinting di Dermaga Apung Pelabuhan Rajanta, Kamis 3 Agustus 2023. istimewa--

BACA JUGA:Ribuan Liter Minuman Keras Jenis Tuak dari Banjar Gagal Edar di Tasikmalaya

Keesokan harinya, tim ekspedisi mengunjungi rumah Salehudin, Kepala Kampung Dumaring. Kepala kampung ini memiliki posisi selevel dengan kepala desa atau lurah di Jawa Barat, mengingat strata pemerintahan di Berau.

Di rumah Pak Lurah, tim bertemu dengan berbagai tokoh. Sebuah pengajian rutin memberi kesempatan bagi tim bertemu dengan para tokoh kampung. Momen ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan tim dan tujuan ekspedisi.

Setelah makan malam, tim memberikan cendera mata berupa kerajinan kalung pusaka kujang dari bambu. Penghargaan ini diterima oleh tiga tokoh kampung: Pak Lurah, Suwardi, dan Abdul Mu’in. Penghormatan ini melambangkan rasa terima kasih tim atas keramahan dan kesempatan yang diberikan oleh Dumaring.

Artikel ini sudah tayang di radartasik.id dengan judul: Ekspedisi Kampung Dumaring (1): Cendera Mata Pusaka Kujang Menandai Awal Perjumpaan dengan Para Tokoh Adat. (bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: