Waspada ISPA Menyerang! Dampak Fenomena El Nino, Lakukan Tips Berikut untuk Pencegahan

Waspada ISPA Menyerang! Dampak Fenomena El Nino, Lakukan Tips Berikut untuk Pencegahan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar dr. H. Andi Bastian.-Foto: anto sugiyarto/radartasik.disway.id-

BACA JUGA:Semarak Hari Kemerdekaan ke-78, Polisi di Tasikmalaya Gelorakan Olahraga Bersama

"Selanjutnya orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, sangat mudah tertular ISPA," jelasnya. 

Pasalnya, sistem kekebalan tubuh sangat berpengaruh dalam melawan infeksi virus atau bakteri di dalam tubuh seseorang. 

"Ketika daya tubuh menurun atau lemah, maka risiko terinfeksi akan makin meningkat. Maka dari itu harus dijaga dengan baik," tambah dia. 

ISPA tidak hanya menular ke anak-anak, lansia dan mereka yang memiliki daya tubuh lemah tapi juga sering terjadi pada mereka memiliki penyakit jantung ataupun memiliki gangguan pada paru-paru sebelumnya.  

BACA JUGA:Jalur Bogor - Sukabumi Normal Oktober 2023, Jembatan Cikreteg Dibangun Kembali dengan Nilai Rp56,9 Miliar

Gejala tersebut akan berlangsung berkisar satu sampai dua minggu, dan sebagian besar penderita gejalanya akan reda setelah minggu pertama.

"Lakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami gejala ISPA, terutama jika gejala makin memburuk berlangsung selama lebih dari 3 minggu," pungkasnya. 

Lanjutnya, ISPA bisa dicegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) cara yang tepat dapat dilakukan. 

Mulai dari cuci tangan secara teratur, terutama setelah beraktivitas di tempat umum atau makan agar terhindar dari bakteri dan kuman. 

BACA JUGA:Kakorlantas Polri Ubah Skema Sirkuit Ujian Praktek SIM, Ada 5 Materi Ujian Pembuatan SIM, Mudah Jangan Nembak!

Hindari menyentuh wajah seperti bagian mulut, hidung, dan mata. Supaya tidak terkena, maka bisa gunakan sapu tangan atau tisu untuk menutup mulut ketika bersin atau batuk.

"Paling penting, perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin, terutama vitamin C, untuk meningkatkan daya tahan tubuh," ucapnya. 

Selain itu, bersihkan rumah dan lingkungan sekitar secara rutin agar tidak ada bakteri dan kuman. Terakhir biasakan berolahraga secara rutin.

"Olahraga juga sangat penting agar tubuh tetap sehat dan bugar, sehingga dijatuhkan dari berbagai macam penyakit," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber