3 Peringkat Pernikahan Terbanyak Tahun 2023 di Kabupaten Ciamis, Warga Lebih Pilih Nikah di KUA

3 Peringkat Pernikahan Terbanyak Tahun 2023 di Kabupaten Ciamis, Warga Lebih Pilih Nikah di KUA

KUA Ciamis e jadi pusat layanan keagamaan salah satunya fasilitas untuk layanan nikah.-Foto: tangkapanlayar/dok kua ciamis-

3 Peringkat Pernikahan Terbanyak Tahun 2023 di Kabupaten Ciamis, Warga Lebih Pilih Nikah di KUA

KAB. CIAMIS, RADARTASIK.COM - Di Kabupaten Ciamis, 3 peringkat pernikahan terbanyak tahun 2023 terdapat di Kecamatan Banjarsari engan jumlah 1.020 pernikahan, Kecamata Ciamis sebanyak735 pernikahan, dan Kecamatan Pamarican sebanyak 612 pernikahan.

Sedangkan total pernikahan di Kabupaten Ciamis dari Januari hingga Juli tahun 2023 tercatat ada 5.500 pernikahan.

Kasi Bimas Islam Kemag Ciamis, Mohamad Aip Maptuh menyampaikan bahwa pernikahan terbanyak tahun 2023 dilakukan di Kantor Urusan Agama atau KUA. Tingginya minat melaksanakan pernikahan di KUA, didorong oleh berbagai faktor.

BACA JUGA:Hasil 10 Laga Terakhir Persib vs Bali United, Teco Percaya Diri, Persib Ingin Pecahkan Rekor Buruk

Dikutip dari Radar Tasikmalaya, Aip juga menyampaikan pernikahan terbanyak tahun 2022 ada 10 ribu pasangan dan satu perganya atau sekitar 3 ribu pasangan melangsungkan pernikahan di KUA. 

“Tahun 2022 sampai akhir semester pertama ada 5.500 pernikahan sekitar sepertiganya juga melaksanakan pernikahan di KUA,” jelas Aip.

Beberapa faktor yang menjadi pengaruh atau pun pemicu tingginya minat warga untuk menikah di KUA dikarenakan balai nikah di setiap KUA yang ada di Kabupaten Ciamis sudah angkat memadai, menarik dan bagus.

Selain itu adanya persepsi di masyarakat saat ini bahwa nmelangsungkan pernikahan di bale nyuncung atau gedung-gedung sudah sangat umum. Serta bebagai alasan lainnya yang mempengaruhi masyarakat.

BACA JUGA:Mantap! Berantas Rokok Ilegal, Tim Gabungan Lakukan Operasi Gabungan

“Kami memprediksi sampai akhir tahun pernikahan terbanyak tahun 2023 ini bisa mencapai 11.000 pernikahan bahkan lebih. Sementara ada tiga pernikahan terbanyak tahun 2023 ini yaitu di Banjarsari, Ciamis dan Pamarican,” ungkapnya.

Sedangkan menurt data yang tercatat di Kementerian Agama Kabupaten Ciamis selama jangka waktu dari 2019-2021 rata-rata pernikahan terbanyak adala 9.000 pernikahan per tahun.

“Setelah pandemi usai banyak masyarakat yang melangsungkan pernikahan dikarenakan mereka banyak yang menunda selama pandemi Covid-19,” tambahnya.

Aip juga menyampaikan bila pernikahan terbanyak tahun ini muhun tahun tahun sebelumnya biasanya di bulan Zulhijah, terkhusus di wilayah Ciamis Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: