Jelang Pembebasan Lahan Tol Getaci, Camat di Tasikmalaya Perangi Calo Tanah Imbau Masyarakat Waspada

Jelang Pembebasan Lahan Tol Getaci, Camat di Tasikmalaya Perangi Calo Tanah Imbau Masyarakat Waspada

Rencana Exit Tol Getaci di Kecamatan Singaparna akan ada di Pertigaan Jalan Raya Singaparna-Garut dan Cigelontang. istimewa--

Jelang Pembebasan Lahan Tol Getaci, Camat di Tasikmalaya Perangi Calo Tanah Imbau Masyarakat Waspada

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Pemerintahan desa dan kecamatan di Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, terus melakukan imbauan kepada masyarakat yang memiliki lokasi tanah akan dilalui oleh pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci). 

Camat Cigalontang, Dedi Hermawan, menyatakan bahwa sosialisasi terkait penanganan calo tanah perlu terus dilaksanakan, terutama di tingkat pemerintahan desa.

Apalagi, kata dia, saat menjelang pembebasan lahan untuk proyek Tol Getaci yang melintasi wilayahnya.

BACA JUGA:Menyentuh Hati, Curhatan Daisuke Sato soal Luis Milla Mundur Membuat Terharu: Hanya Itu yang Bisa Saya Katakan

"Tentu sosialisasi itu (jangan percaya calo tanah, Red) terus kita laksanakan, khususnya di pemerintahan desa," ujar Camat Cigalontang, Dedi Hermawan kepada radartasik.com, Selasa 18 Juli 2023.

Meskipun demikian, Dedi menyadari bahwa sulit untuk sepenuhnya menghindari kehadiran calo tanah, karena mereka akan langsung menghubungi warga yang memiliki tanah untuk ditawarkan. 

Dedi mengatakan bahwa hal tersebut tergantung pada kesadaran warga dan hak warga untuk menjual tanahnya di mana pun. Meskipun sulit, sosialisasi terkait masalah ini tetap perlu dilakukan.

Dedi juga menjelaskan bahwa pemerintah kecamatan belum menerima informasi terbaru mengenai progres pembebasan lahan untuk pembangunan tol Getaci. 

BACA JUGA:Saran Dewan Tasikmalaya untuk Temuan dalam LPP APBD Tahun 2022: Segera Lunasi Piutang ke RSUD SMC

Mereka baru memiliki informasi awal bahwa 9 desa di Kecamatan Cigalontang akan terkena dampak pembangunan jalan tol, namun lokasi pasti dari 9 desa tersebut belum diketahui.

"Kami mendapatkan informasinya masih yang awal, yakni akan ada 9 Desa di Kecamatan Cigalontang yang terlewati oleh jalan tol, bahkan kami juga belum mengetahui secara pasti lokasi mana saja yang akan dilewati dari 9 desa itu," terangnya.

Mengenai harga tanah di Kecamatan Cigalontang, Dedi mengatakan bahwa bervariasi tergantung pada lokasinya. 

Harga tanah di daerah Cigalontang dapat beragam, dijual perbata atau pertombak, dengan harga lebih murah jika tanah berada di dalam atau lebih mahal jika dekat dengan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: